10 Bintang Paling Terang di Langit Malam (pertama)

  • Bagikan
Ilustrasi (pixabay)

SULTRAKINI.COM: Tata surya merupakan kumpulan benda langit yang terdiri dari matahari dan semua benda langit yang mengelilinginya. Salah satu benda langit tersebut adalah bintang yang mampu memancarkan cahaya dan memproduksi energi sendiri.

Tahukah Anda dari sekian miliaran bintang di langit, ternyata terdapat beberapa bintang dengan cahayanya yang cukup terang dibandingkan lainnya. Hal tersebut terjadi karena jarak antara bintang ke bumi.

Bintang nampak terang disebabkan jaraknya relatif dekat dengan bumi, sementara bintang yang terlihat redup disebabkan oleh beberapa faktor, seperti jaraknya cukup jauh, sangat panas, serta masif sehingga bintang yang menua berarti kehabisan bahan bakar.

Dilansir dari Edukasi Lapan Senin (18 Juli 2022), terdapat sekitar sepuluh jenis bintang paling terang yang menerangi langit malam. Berikut ulasannya.

  1. Sirius-Alfa Canis Mayaris

Sirius menempati posisi pertama sebagai bintang paling terang yang menyinari langit di waktu malam. Bintang ini merupakan bintang utama letak di konstelasi Canir Mayor. Sirius dianggap penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab, salah satunya karena dapat menandai banjir tahunan.

Sirius dikenal sebagai bintang biru berganda (Sirius A dan B) dengan kecerlangan visual gabungan sebesar -1,46. Sirius A memiliki kecerlangan visual -1,47 dan termaksud ke dalam kelas spektrum A1V yang berada dideret utama (kelas V) dan termaksud bintang tipe A1. Sedangkan Sirius B memiliki kecerlangan visual +8,44 dan termasuk ke dalam kelas spektrum DA2 yang menandakan bintang ini adalah katai putih.

Baca:   Sampah telah Mencemari Laut Terdalam Bumi dan Permukaan Bulan

Sirius berjarak 8,6 tahun cahaya dengan ukuran masing-masing ( A dan B) sebesar 1,7 dan seperseratus 20 kali matahari.

  1. Canopus-Alfa Carinae

Canopus merupakan bintang paling terang kedua. Bintang ini terletak di konselasi Carina. Kecerlangan visualnya -0,74 dan termasuk dalam kelas A9II yang tergolong dalam bintang raksasa terang (kelas II dengan tipe A9. Canopus berjarak 310 tahun cahaya dengan ukuran 71 kali matahari.

  1. Alfa Centauri

Bintang paling terang selanjutnya Alfa Centauri. Letaknya di konstelasi Centaurus. Bintang ini pada dasarnya adalah sistem bintang ganda dengan periode 80 tahun dan terpisah sejauh 35,6 (jarak Pluto ke matahari) hingga 11,2 ( jarak Saturnus ke matahari). Keduanya adalah Rigil Kentaurus dengan kecerlangan +0,01 dan kelas G2V serta Toliman dengan kecerlangan +1,33 dan kelas spektrum K1V. Keduanya akan terlihat menjadi bintang tunggal dengan kecerlangan -0,27 berjarak 4,4 tahun dengan ukuran masing-masing sebesar 1,22 dan 0,86 kali matahari.

  1. Arcturus

Arcturus terletak di konselasi Bootes. Kecerlangan visualnya -0,05 dan termasuk ke dalam spektrum K0III dan tergolong bintang raksasa kelas III dengan tipe K0. Arturus berjarak 37 tahun dengan ukuran 25 kali matahari.

  1. Vega

Bintang ini terletak di konstelasi Lyra. Kecerlangan visualnya sebesar +0,03 (dengan variasi antara -0,02 hingga +0,07) dan termasuk dalam kelas spektrum A0Va. Vega berjarak 25 tahun dengan ukuran 2,4 kali matahari.

Baca:   Daftar Hotel Berbintang di Kota Kendari
  1. Capella

Capella terletak di konstelasi Auriga. Kecerlangan visual gabungannya sebesar +0,08 (dengan variasi antara +0,03 hingga +0,16). Bintang ini merupakan sistem bintang kuarter yang terdiri dari dua pasang biner. Capella Aa (kelas spektrum K0III, raksasa merah) dengan Capella Ab (kelas spektrum G1III, subraksasa), serta Capella H (kelas spektrum M2.5V katai merah deret utama) dengan Capella L (kelas spektrum M4V, katai merah deret utama).

Ukuran terbesar Capella (Aa dan Ab) berjarak 43 tahun dengan 2,5 kali matahari. Sedangkan ukuran terkecil Capella H dan L 0,54 kali matahari.

  1. Rigel

Letaknya di konstelasi orion dengan sistem bintang tripel. Rigel A berkecerlangan +0,13 serta B dan C dengan masing-masing kecerlangan +7,5 dan +7,6. Kecerlangan gabungan sebesar +0,13 dan bervariasi antara +0,05 hingga +0,18. Rigel berjarak 860 tahun cahaya dengan ukuran terbesarnya (Rigel A) 79 kali matahari.

  1. Procyon

Proycon adalah sistem bintang ganda yang terdiri dari Proycon A dan B dengan masing-masing kecerlangan +0,34 dan +10,7. Kecerlangan gabungannya sebesar +0,34. Bintang Proycon berjarak 11,5 tahun cahaya dengan ukuran dua kali matahari untuk Proycon A dan seperdelapan puluh kali matahari untuk Proycon B.

  1. Achernar

Achernar bintang paling terang kesembilan. Kecerlangan visualnya sebesar +0,46 dan termasuk dalam kelas spektrum B6Vep. Bintang ini berada dideret utama dengan tipe bintang variabel Be dan berotasi sangat cepat sehingga bentuknya lebih tepat dengan jejari kutub lebih pendek 36 persen dibanding jejari ekuatornya. Achernes berjarak 136 tahun cahaya dan berukuran 11,4 kali matahari.

Baca:   Satu Sekolah di Kendari Diizinkan Belajar Tatap Muka, Ini Alasannya
  1. Betelgeuse

Betelgeuse merupakan bintang utama di konselasi orion dengan kecerlangan visualnya antara +0,0 hingga +1,6. Bintang ini merupakan bintang variabel semireguler kemerahan rentang kecerlangan paling lebar dibandingkan bintang bermagnitudo pertama (kecerlangan+1,50). Kecerlangan rata-ratanya +0,50 dan termasuk ke dalam bintang maharaksasa merah. Betelgeuse berjarak 548 tahun dengan ukuran cahaya 764 kali matahari dan termasuk bintang paling besar yang dapat dilihat dengan mata telanjang. (C)

Laporan: Feni Sul Fianah
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan