105 Orang Anggota Pramuka Konawe Diutus ke Jambore Nasional ke – XI di Cibubur

  • Bagikan
Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa menyerahkan atribut kepada kontingen Pramuka Konawe untuk digunakan pada Jamnas Cibubur. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE – Sebanyak 105 orang pasukan Gerakan Pramuka Kwatir Cabang Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara turut berpartisipasi pada ajang Jambore Nasional (Jamnas) ke- XI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur.

Rombongan kontingen pramuka resmi dilepas keberangkatannya oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa di lapangan apel kantor bupati, Rabu (10 Agustus 2022).

Rombongan peserta Jamnas yang dikirim Pemkab Konawe berjumlah 105 orang, terdiri dari 48 peserta penggalang putra dan putri dan 57 anggota dewasa Kwarcab Konawe. Jumlah tersebut, disebut-sebut sebagai daerah yang mengirim kontingen terbanyak se-Sultra untuk mengikuti Jambore Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melapas keberangkatan kontingen Pramuka Konawe ke Bumi Perkemahan Cibubur. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Pelepasan keberangkatan rombongan disaksikan langsung oleh Kapolres Konawe, AKBP Ahmad Setiadi S.IK., Sekda Konawe Ferdinand Sapan, Ketua Kwartir Konawe, Prince Sonaru, Ketua Kontingen Kwartir Cabang Pramuka Konawe, Saripin, Wakil Ketua I Bidang Perencanaan dan Pengembangan, Ginal Sambari, dan para OPD lingkup Pemkab Konawe.

Bupati Konawe sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Konawe, Kery Saiful Konggoasa, berpesan kepada seluruh peserta kontingen agar menjaga sikap dan perilaku selama Jambore berlangsung, demi nama baik daerah dengan menanamkan nilai-nilai budi pekerti luhur dan senantiasa membangun komunikasi yang baik dengan semua kontingen dari daerah lain serta yang paling utama adalah menjaga kekompakan diantara seluruh kontingen.

Baca:   Teka-teki Kematian Asni, Polisi Menduga Bunuh Diri

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Konawe sekaligus Majelis Pembimbing Cabang Kwarcab Konawe, saya mengucapkan selamat kepada adik-adik yang akan mewakili Kabupaten Konawe dalam kegiatan Jambore Nasional. Jagalah nama baik kabupaten kita, di pundak kalian kami titip harapan untuk mengharumkan nama baik Kabupaten Konawe,” katanya.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melapas keberangkatan kontingen Pramuka Konawe ke Bumi Perkemahan Cibubur. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

Bupati yang akrab disebut KSK menjelaskan, kegiatan Jamnas menjadi ajang yang penting untuk peserta dari Kwarcab Konawe. Selain bisa menambah pengalaman juga bisa wawasan tentang kepramukaan selama kegiatan berlangsung.

Menurut KSK, Pramuka merupakan wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda. Pramuka merupakan tempat pendidikan karakter dibentuk.

“Pramuka akan membentuk kaum muda dengan sosok yang ideal, yakni beriman, bertanggungjawab, amanah, toleran, terampil, mandiri, patriot, peduli terhadap sesama dan berbudi pekerti luhur,” jelas bupati dua periode tersebut.

Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa melapas keberangkatan kontingen Pramuka Konawe ke Bumi Perkemahan Cibubur. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

KSK juga menambahkan, kegiatan Jamnas XI bakal menjadi rekreasi edukatif bagi para peserta dari Konawe. Salah satu tujuan yang ingin dicapai, yakni untuk membina Pramuka penggalang dalam aspek mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. Oleh karenanya, sekembalinya para peserta dari Jamnas, mereka bisa menginspirasi dan memotivasi adik-adik Pramuka lainnya.

Baca:   Rombongan Kwarcab Pramuka Konawe Ramaikan Jambore Tingkat Sultra di Muna

“Kalian adalah duta daerah yang diutus mengikuti Jamnas untuk menimba pengalaman dan memperkenalkan Konawe kepada teman-teman di daerah lain di Indonesia,” terangnya.

Mantan Ketua DPRD Konawe itu berharap, selama mengikuti Jamnas agar menjaga sikap, perilaku dan nama baik daerah. Peserta juga diharapkan menjaga kekompakan dalam kontingan dan aktif menjalin komunikasi dengan kontingan lainnya.

“Jaga nama baik daerah. Di pundak kalian kami titipkan harapan untuk senantiasa mengharumkan nama Kabupaten Konawe agar senantiasa gemilang,” tandasnya.

Sebelumnya, KSK juga memberikan dukungan penuh kepada peserta Jambore Daerah (Jamda) Sultra yang berlangsung di Kota Raha pada Juni 2022 lalu. Selain mengirim ratusan kontingen dari Konawe, KSK juga menyempatkan diri hadir ke tempat perkemahan untuk memberikan dukungan kepada para kontingen Konawe kala itu.

Kegiatan ini diakhiri dengan penyerahan atribut pramuka serta bendera petaka yang serahkan langsung oleh Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa kepada perwakilan peserta Jamnas. (Adv)

Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan