15 Maret, Para Menteri Bakal Hadir di Kolaka, Salah Satunya Susi Pudjiastuti

  • Bagikan
Ketua Panitia pertermuan Nasional Kawasan Teluk Bone, Ismail Bella, saat mempersiapkan undangan untuk seluruh peserta. (foto: Suparman Sultan/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KOLAKA – Pertemuan Nasional yang akan membahas kerjasama kawasan Teluk Bone yang melibatkan 17 Kabupaten/Kota, Se-Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, rencananya di buka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Ketua panitia pertemuan Nasional tersebut, Ismail Bella mengatakan, jadwal pertemuan nasional dimulai pada 15 Maret 2017. Selain Susi Pudjiastuti, pihaknya merencanakan hadirkan Menteri BUMN RI, Rini Soemarno.

“Info dari masing-masing Kementerian, bahwa Bu Susi (Menteri Kelautan dan Perikanan RI) untuk ke Kolaka sudah terjadwalkan. Sementara Bu Rini (Menteri BUMN RI), kami masih tunggu konfirmasi dari humasnya,” terangnya, Senin (13/03/2017).

Terkait Menteri Koordinasi Maritim RI, Luhut Binsar Panjaitan jelas Ismail, masih menunggu kesediaan dan waktunya. “Namun kalau misalnya beliau tidak sempat hadir, mungkin akan ada utusan lain dari Kemenko Maritim RI. Dalam pertemuan Nasional ini juga, hadir dari Kementerian Pariwisata, Kementerian Sosial, lingkungan Hidup dan masih banyak lagi,” tambahnya.

Pertemuan Nasional ini nantinya membahas, kerjasama mulai dari sektor ekonomi, pariwisata, sosial budaya, perikanan budidaya dan perikanan tangkap. “Inti dari pertemuan adalah terjalinnya sinkronisasi antara 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sultra dan Sulsel. Kabupaten/Kota ini termasuk wilayah lautnya masuk dalam Kawasan Teluk Bone,” tegasnya.

Baca:   Busel Salurkan 2.609 Kartu Asuransi Nelayan

17 Kabupaten/Kota yang akan hadir nantinya adalah Kabupaten Kolaka sebagai tuan rumah, Kabupaten Kolaka Utara, Bombana, Muna Barat, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan dan Kota Baubau (wilayah Sulawesi Tenggara). Sementara wilayah Sulawesi Selatan, yakni Kepulauan Selayar, Kabupaten Bulukumba, Bone, Sinjai,  Wajo, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur dan Kota Palopo.

Salah satu persiapan dan dilaksanakan dalam pertemuan tersebut, yaitu Forum Group Discussion (FGD). Pertemuan FGD, dibahas dan disepakati oleh seluruh peserta terkait isu yang akan didorong dalam pertemuan Nasional nantinya. Di FGD pun turut hadir sejumlah perwakilan Kementerian, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Laporan: Suparman Sultan

  • Bagikan