Hari Kanker Paru-paru 1 Agustus: Jumlahnya Meningkat, Penyebab Utamanya Karena Rokok

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Setiap tahun Indonesia memperingati hari kanker paru-paru sedunia yang jatuh pada 1 Agustus 2022. Peringatan ini dilakukan sebagai bentuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyebab dan pengobatannya.

Kanker paru-paru merupakan suatu kondisi di mana sel tumbuh secara tidak terkendali dalam organ paru-paru. Organ ini berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke dalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksida saat menghela napas.

Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), kanker paru-paru sangat umum ditemukan di seluruh negara. Jumlah orang yang meninggal karena kanker paru-paru lebih banyak daripada gabungan kanker usus besar, payudara dan hati.

Pada 2020, jumlah kematian akibat kanker paru-paru meningkat 13,2 persen menjadi 30.843 jiwa atau menempati peringkat pertama di dunia. Sementara di Indonesia, jumlah kasus kanker paru-paru menempati peringkat ketiga. Dengan jumlah kasus di Indonesia sebanyak 34.783 kasus serta meningkat sebanyak 8,8 peraen untuk laki-laki dan perempuan.

Merokok tembakau merupakan penyebab utama kanker paru-paru karena adanya zat karsinogen yang terkandung dalam asap rokok yang dapat memicu kerusakan sel pelapis pada paru-paru.

Di mana saat dihirup, asapnya diyakini merusak sel-sel yang melapisi paru-paru. Paparan berulang dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit pernapasan dan peningkatan risiko kanker paru-paru.

Baca:   TNI Waspadai Ancaman Senjata Biologis Massal

Namun ada beberapa cara yang dapat menurunkan resiko kanker paru-paru diantaranya, berhenti merokok, hindari asap rokok, hindari karsinogen, konsumsi buah dan sayur, dan berolahraga. (B)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan