17 Lembaga Gabung MPP Baruga Baubau

  • Bagikan
Pj Walikota Baubau, Dr Muh Rasman Manafi mengunjungi mall pelayanan terpadu yang usai diresmikan Senin (27 Mei 2024).

SULTRAKINI.COM: Mall Pelayanan Publik (MPP) Baruga Kota Baubau secara resmi mulai beroperasi setelah diresmikan oleh Pj Wali Kota Baubau, Dr. Muh Rasman Manafi, SP, M.Si. Soft launching ini menandai dimulainya layanan terpadu dari 17 lembaga, instansi, dan perusahaan swasta dengan total 106 jenis layanan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Baubau, Suarmawati, S.Si, M.Si, menyampaikan bahwa keberadaan MPP ini merupakan wujud nyata dari integrasi layanan publik di Kota Baubau. “Kami menghadirkan layanan dari berbagai lembaga dan instansi, termasuk Kantor Pelayanan Pajak Pratama, Loka Pengawasan Obat dan Makanan, Kantor Pertanahan, dan Kementerian Agama Kota Baubau,” ujarnya.

Instansi pemerintah daerah yang turut bergabung meliputi Badan Pendapatan Daerah Provinsi Sulawesi Tenggara, Kantor Samsat Baubau, Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kota Baubau, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Lingkungan Hidup, serta Dinas Sosial Kota Baubau.

Selain itu, perusahaan BUMN dan BUMD yang terlibat dalam MPP Baruga antara lain BPJS Kesehatan Cabang Kota Baubau, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kota Baubau, Bank Sultra Cabang Kota Baubau, PDAM Kota Baubau, dan Pegadaian Cabang Baubau.

Suarmawati menambahkan bahwa MPP Baruga ini dirancang untuk memberikan kemudahan, kecepatan, dan kenyamanan dalam pelayanan publik. “Ini adalah upaya kami untuk meningkatkan kualitas pelayanan sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009, Peraturan Presiden Nomor 89 Tahun 2021, serta Peraturan Menpan RB Nomor 92 Tahun 2021,” jelasnya.

MPP Baruga yang berlokasi di lantai 1 Kantor DPMPTSP Kota Baubau telah direhabilitasi dan didesain sesuai dengan petunjuk teknis bangunan pelayanan publik. Fasilitas ini juga dilengkapi dengan selasar yang menghubungkan gedung MPP dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Baubau untuk memudahkan akses.

Dengan beroperasinya MPP Baruga, diharapkan masyarakat Kota Baubau dapat menikmati pelayanan yang lebih efisien dan terintegrasi di satu tempat.

Laporan: Frirac

  • Bagikan