191 Personel Satuan Samapta Polres Baubau Latihan Mengendalikan Massa

  • Bagikan
Pelatihan Dalmas personel Polres Baubau. (Foto: Dok.Humas Polres Baubau)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sebanyak 191 personel Satuan Samapta Polres Baubau mengikuti latihan Pengendalian Massa (Dalmas) di halaman Mapolres Baubau, Rabu (14 September 2022).

Peserta latihan Dalmas ini terdiri dari tim negosiator, Dalmas Awal, Dalmas Lanjut, Regu penembak, Petugas Apar, Tim Raimas, dan Tim Dokumentasi.

Kapolres Baubau, AKBP Erwin Pratomo melalui Kasat Samapta Polres Baubau, AKP La Ode Maktubu mengatakan, personel gabungan Polres Baubau diberikan latihan dengan materi tahapan situasi penanganan unjuk rasa, yaitu situasi hijau, situasi kuning, dan situasi merah.

Pelatihan pengendalian massa ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan personel, serta kesiapsiagaan dalam menghadapi perkembangan situasi keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat.

“Untuk meningkatkan kesiapsiagaan personil Polres Baubau apabila dibutuhkan saat terjadi peningkatan eskalasi dalam aksi unjuk rasa,” ucapnya, Rabu (14 September 2022).

Kasat Samapta berharap, pelatihan tersebut membuat semua personel-baik sebagai Dantim, Danton, serta memahami peran dan fungsinya tentang tahapan dalam pengendalian masa sehingga tidak terjadi pelanggaran saat melaksanakan tugas.

“Selain untuk untuk menjaga kekompakan, kedisiplinan anggota, membentuk mental kuat, sehingga pengendalian diri personel tetap terkendali,” tambah Kapolres Baubau. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

Baca:   Tim Sulawesi Tourism Consulting Temukan Gua Baru Eksotis di Baubau, Diberi Nama Lia lia
  • Bagikan