2 Bumbu Dapur Ini bisa Usir Penyakit Dalam Tubuh

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Bawang putih dan jahe sudah tidak asing lagi di bidang kesehatan. Apalagi sering dijumpai di ruang dapur rumah.

Dilansir dari berbagai sumber, jahe adalah salah satu jenis rempah-rempah dengan segudang manfaat. Khasiatnya bisa lebih baik lagi saat tanaman rimpang ini dicampur dengan bawang putih untuk bahan makanan maupun minuman hangat. Manfaat jahe dan bawang putih terkandung di dalamnya pun bisa didapat sekaligus.

Manfaat Bawang Putih dan Jahe

Sejak dulu bawang putih dipercaya dan sering digunakan untuk metode pengobatan berbagai penyakit, seperti pilek dan flu. Hal ini karena komoditas tersebut berasal dari senyawa belerang yang terbentuk ketika siung bawang putih dicincang, dihancurkan, atau dikunyah.

Nah, senyawa belerang ini menghasilkan efek biologis yang kuat begitu mereka memasuki saluran pencernaan dan menyebar ke seluruh tubuh. Bawang putih diketahui mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, selenium, serat, kalsium, tembaga, kalium, fosfor, zat besi, dan vitamin B1.

Cara Penyiapan:

  1. Parut jahe dan potong siung bawang putih menjadi kecil;
  2. Rebus air lalu tambahkan jahe dan bawang putih;
  3. Biarkan campuran ini mendidih selama 20 menit;
  4. Matikan api, saring air rebusan itu dan kamu bisa menambahkan lemon dan madu.
Baca:   Tiba-Tiba Pusing Saat Puasa? Mungkin Ini Sebabnya

Konsumsilah campuran ini setiap pagi dengan perut kosong. Rempah ini bisa menjadi obat herbal untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mengobati sejumlah penyakit, berikut manfaatnya:

Meredakan Flu

Teh herbal ini sangat menenangkan dan sangat efektif untuk mengurangi ketidaknyamanan yang disebabkan oleh pilek, hidung tersumbat, dan sakit tenggorokan.

Antivirus

Bawang putih memiliki kandungan suplur tinggi yang membantu melawan infeksi. Sifat antivirus dan antiparasitnya yang membantu meredakan gejala pilek dan batuk. Namun, tidak disarankan bagi pasien asma untuk mengkonsumsi bawang putih terlalu banyak.

Memberikan manfaat anti-inflamasi

Salah satu manfaat jahe dan bawang putih yang paling terkenal adalah kemampuannya mengurangi peradangan.

Dapat mengurangi faktor risiko penyakit jantung

Penelitian menunjukkan bawang putih dan jahe memiliki sifat pelindung jantung yang kuat dan membantu mengurangi beberapa faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, serta kadar gula darah tinggi.

Bermanfaat bagi penderita diabetes

Bawang putih dan jahe dipercaya membantu mengurangi kadar gula darah dan meningkatkan penanda kesehatan lainnya pada penderita diabetes, terutama jika Anda mengonsumsinya dalam bentuk suplemen.

Meningkatkan respons imun yang sehat

Bawang putih dan jahe memiliki sifat anti-inflamasi, anti-oksidan, antivirus, dan antimikroba yang kuat. Dengan demikian, menambahkannya ke dalam makanan dipercaya membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap sehat.

Baca:   Kisah Seorang Ibu Penjual BBM Eceran, Selalu Patuhi Prokes Covid-19

Turunkan berat badan

Jahe sangat efektif dalam menjaga sistem pencernaan. Jahe membantu menyembuhkan usus, mempercepat pergerakan makanan melalui saluran pencernaan, mengurangi kembung dan kram.

Pencernaan yang baik adalah kunci penurunan berat badan.
Jahe juga dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan menghambat sel memproduksi protein yang memicu peradangan, seperti TNF-α dan interleukin-8 (IL-8). (C)

Laporan: Sela
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan