2 Liter Tanah di Kompleks Keraton Buton akan Dibawa ke Ibu Kota Baru Nusantara

  • Bagikan
Plt Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse melakukan ritual pengambilan tanah di kompleks Benteng Keraton untuk dibawa ke Ibu Kota Baru d Kalimantan Timur. (Foto: Dok. Diskominfo Baubau)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Dua liter tanah dalam kompleks Benteng Keraton Buton akan dibawa ke Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur.

Pelaksana Tugas Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse, menjelaskan tindak lanjut dari perintah Presiden, Joko Widodo kepada seluruh gubernur di Indonesia agar menyiapkan dua liter tanah dan dua liter air untuk disimpan di Ibu Kota Negara yang baru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Hal ini kemudian ditindaklanjuti Gubernur Sultra, Ali Mazi dengan memilih tanah di kompleks Benteng Keraton Buton untuk mewakili provinsi dengan alasan tanah yang diberkati.

“Beliau (Gubernur Sultra) meminta kita mengambil tanah di Benteng Keraton karena beliau melihat tanah berkah yang diberkati, sementara dua liter air dari Konawe,” jelasnya, Jumat (11 Maret 2022).

Pengambilan tanah tersebut dilakukan secara ritual, bahkan Gubernur Ali Mazi juga meminta tanah di kompleks Keraton diambil dengan ritual yang berlaku di daerah setempat. Hal ini juga sebagai perwujudan dukungan dari Pemerintah Kota Baubau, tokoh adat Keraton maupun masyarakat Buton.

“Rencananya malam akan berangkat lagi ke Kendari lewat darat membawanya (tanah) di Kendari karena beliau (gubernur) akan membawa ke Kalimantan nantinya pada hari Minggu,” terang Monianse. (C)

Baca:   Pemda Buton Belum Setor Data Eks K2 untuk Perekrutan P3K

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan