3 Kelurahan di Kota Kendari Rawan Narkoba

  • Bagikan
Rapat Koordinasi BNNK Kendari bersama BNNP Sultra, Dinas Kesehatan Kota Kendari, dan beberapa OPD lain di Kota Kendari. (Foto: Dok BNNK Kendari)
Rapat Koordinasi BNNK Kendari bersama BNNP Sultra, Dinas Kesehatan Kota Kendari, dan beberapa OPD lain di Kota Kendari. (Foto: Dok BNNK Kendari)

SULTRAKINI. COM: KENDARI – Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kendari melaksanakan program Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar) di tiga wilayah rawan penyalagunaan narkoba di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dilansir dari Antaranews, berdasarkan hasil pemetaan tahun 2022 BNNK menyebut 3 kelurahan tersebut, yakni Kelurahan Punggaloba, Bende, dan Baruga baik dari peredarannya maupun sisi pemakai rawan penyalagunaan narkoba.

Kepala BNNK Kendari, Murniarty, mengatakan untuk meminimalisir penyalahgunaan narkoba BNNK turut melibatkan kaum ibu-ibu yang ada di 3 kelurahan tersebut sebagai agen pemulihan, mensosialisasikan dampak dan bahaya penyalahgunaan narkoba kepada warga setempat. 

”Di Kota Kendari ini ada 63 kelurahan, hasil  pemetaan ada tiga kelurahan rawan, yakni Kelurahan Bende, Punggaloba, dan Baruga. Untuk itu kita menggerakkan kaum ibu-ibu tersebut agar bisa mengedukasi kepada masyarakat yang mungkin terpapar narkoba karena dianggap mampu menyelesaikan permasalahan itu bercermin dari kasus yang sama yang pernah terjadi di Kampung Salo,” ujarnya, Rabu (20 Juli 2022).

Menurutnya, tiga daerah yang ditetapkan itu merupakan wilayah yang harus diperhatikan, karena merupakan sentrum peredaran barang haram tersebut.

“Ini hasil pengungkapan kasus baik dari Polres, Polda, dan BNNK yang ada di Kota Kendari sehingga diputuskanlah tiga daerah itu yang menjadi perhatian utama,” kata Murniarty.

Pembinaan akan dilakukan melalui program Kelurahan Bersinar dan akan bekerjasama dengan beberapa OPD yang ada di Kota kendari, dirinya berharap program yang digagas 10 lembaga yang hadir dalam rapat koordinasi ini tidak hanya sebatas wacana namun harus dibuktikan dengan kerja nyata.

Baca:   Dua Pemuda Asal Konawe Terancam Penjara 20 Tahun, Tak Tahunya

“Saya tidak ingin giat ini hanya sekedar pertanggung jawaban, tapi benar-benar ingin ada eksen nyata dilapangan supaya hasil hari ini bisa terwujud,” tegas Murniarty.

Rapat Koordinasi ini diikuti Dinas Kesehatan Kota Kendari, Dinas Sosial Kota Kendarim Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Kendari, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Kendari, Sentral Mohai Kota Kendari, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Kendari, Camat Kendari Batar, Lurah Punggaloba, Puseksmas Poasia, LSM ORC NOID.

Selain itu, untuk lebih memaksimalkan upaya pencegahan penyalagunaan narkoba BNKK Kendari juga menggalakkan program ketahanan keluarga anti narkoba di kelurahan-kelurahan dalam Kota kendari. Demikian juga pada generasi muda BNNK Kendari membentuk komunitas remaja anti narkoba disetiap kelurahan. (B)

Laporan: Sela
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan