450 Anggota PPS se-Kabupaten Muna Dilantik

  • Bagikan
Ketua KPU Kabupaten Muna, Kubais melantik anggota PPS, Selasa (24 Januari 2023). (Foto: LM Nur Alim/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara melantik anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk menyelenggarakan pemilihan umum serentak 2024 di Gedung SOR La Ode Pandu Raha, Selasa (24 Januari 2023).

ketua KPU Kabupaten Muna, Kubais melantik dan mengangkat sumpah janji 450 orang anggota PPS dari 124 desa dan 26 kelurahan usai dinyatakan lulus.

loker wartawan sultrakini

Kubais mengatakan, mengingatkan anggota PPS untuk bekerja sesuai dengan pakta integritas sebagai janji yang diucapkan, di antaranya berkerja secara profesional, mandiri, jujur, dan adil.

Anggota PPS juga ditekankan dalam menjalankan tugas harus menjaga kode etik sebagai penyelenggara Pemilu 2024 sesuai dengan Peraturan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu Nomor 2 Tahun 2017 yang mengatur tentang kode etik.

“Kode etik itu adalah segala perilaku kita, tutur kata, bahkan tampak saja bisa dilihat oleh publik tidak netral. Hati-hati bagi anggota PPS yang tidak netral walau hanya sekadar singgah di posko pemenangan. Sebaiknya dihindari,” tegas Kubais.

Sementara itu, Bupati Muna LM Rusman Emba yang hadir dalam acara pelantikan PPS mengucapkan selamat kepada pengurus atas mengemban amanah untuk menyukseskan pemilu memdatang.

“Kita harus mensyukuri amanah yang diberikan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dan harus dijalankan sesuai dengan aturan berlaku dalam perundang-undangan,” ucapnya.

Baca:   Penundaan Pilkada dan Covid-19

Rusman menyarankan, anggota PPS dalam menjalankan tugas tidak boleh menyimpan keegoisan, serta harus bersikap independen di setiap tugas-tugasnya. (C)

Laporan: LM Nur Alim
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan