5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Rider Asuransi

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Saat sedang sakit, setiap orang tentu ingin mendapatkan pelayanan kesehatan terbaik. Semakin baik pengobatannya, maka semakin tinggi pula harapan Anda untuk cepat sembuh, apalagi jika mengalami penyakit kritis.

Pengobatan dan perawatan untuk penyakit kritis tentunya tidak murah. Untuk itu, asuransi kesehatan hadir untuk memberikan perlindungan Anda.

loker wartawan sultrakini

Meski begitu, asuransi kesehatan tidak dapat meng-cover seluruh biaya pengobatan untuk penyakit kritis, sehingga Anda butuh rider yang bisa menjamin pengobatan serta perawatan untuk penyakit kritis.

Seperti juga saat Anda harus menghadapi risiko kerusakan kendaraan seperti bencana alam, kecelakaan atau lainnya, maka bisa memilih asuransi mobil dengan rider. Jika belum memiliki produk proteksinya, bisa beli asuransi secara online yang sangat mudah dan lebih praktis untuk Anda dengan kesibukan tinggi.

Apa yang dimaksud rider asuransi?

Rider adalah layanan atau fitur tambahan untuk bisa memberikan perlindungan tambahan dari polis dasar asuransi yang Anda miliki. Umumnya, rider ini hadir untuk melengkapi polis asuransi jiwa yang sudah Anda miliki.

Artinya, rider hanya bisa Anda pilih atau beli apabila polis dasarnya sudah dimiliki lebih dulu. Ada ragam pilihan rider yang disediakan oleh perusahaan asuransi.

Masing-masing perusahaan ini juga menawarkan rider yang berbeda-beda. Namun untuk jenis rider yang banyak diminati biasanya semua perusahaan memilikinya.

Baca:   Fase Kehamilan Setelah Berhubungan, Berikut Penjelasannya

Rider terdiri dari 3 kategori yaitu rider untuk premi yang berguna dalam memfasilitasi premi. Kedua rider untuk pemegang polis, yaitu rider yang diperuntukkan untuk pemegang polis misalnya rider disabilitas, rider santunan harian di rumah sakit dan lainnya.

Ketiga rider untuk penerima manfaat penerima manfaat yang dimaksud disini adalah pihak selain Anda sendiri.

Beberapa pertimbangan dalam memilih rider

Rider merupakan tambahan manfaat, jadi Anda diperbolehkan jika tidak memilih satupun rider dalam asuransi. Namun, apabila Anda ingin menambah rider pada asuransi yang Anda miliki, pertimbangkan hal-hal berikut ini.

1. Mengetahui potensi risiko

Jika Anda ingin menambah rider, Anda perlu mengetahui potensi resiko yang Anda punya sebagai daftar pertimbangan memilih rider.

Misalnya saja, Anda bekerja pada lingkungan dengan risiko yang tinggi seperti di lautan lepas, hutan atau sejenisnya. Maka Anda bisa memilih rider kecelakaan.

Jika Anda memiliki aktivitas dengan mobilitas yang tinggi juga lebih ideal menambah rider kecelakaan dalam asuransi.

2. Menyesuaikan dengan kondisi finansial

Selanjutnya sesuaikan dengan kondisi finansial Anda. Kondisi finansial yang dimaksud tentunya tidak hanya untuk saat ini. Sebab premi asuransi harus terus dibayarkan selama Anda membutuhkan fitur perlindungannya, begitu juga dengan premi rider yang Anda pilih nantinya.

Baca:   Jangan Sepelekan Nyeri Haid, Bisa Jadi Gejala Penyakit

Maka dari itu, apabila manfaat rider yang akan Anda dapatkan sebanding dengan tambahan premi yang harus Anda keluarkan selama beberapa tahun ke depan, maka Anda bisa mengambilnya.

3. Memperhatikan bagaimana gaya hidup dan riwayat kesehatan

Salah satu pertimbangan dalam memilih rider yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu memperhatikan bagaimana gaya hidup serta riwayat kesehatan Anda. Apabila mobilitas Anda tidak tinggi, tetapi keluarga punya riwayat penyakit berat seperti jantung, kanker, atau lainnya maka rider bisa Anda pertimbangkan.
Atau apabila gaya hidup Anda kurang sehat, seperti suka merokok atau minuman beralkohol, maka pertimbangkan untuk memilih rider yang tepat.

4. Menyesuaikan dengan polis yang dimiliki

Sebelum memilih rider untuk manfaat tambahan, penting juga untuk memahami benefit dari polis asuransi dasar yang Anda punya. Sebab, beberapa rider juga punya manfaat serupa dengan produk asuransi dasar.

5. Memahami ketentuan yang berlaku

Jangan lupa untuk memahami ketentuan yang berlaku. Meskipun rider sebagai manfaat tambahan, tetapi rider asuransi juga mempunyai ketentuan sendiri. Cermati segala ketentuan yang tertulis mengenai rider yang hendak Anda pilih.

Ada rider yang sekilas terlihat seperti akan meningkatkan santunan yang diberikan. Padahal, rider tersebut hanya akan mempermudah syarat uang santunan sehingga bisa cair.

Baca:   Wakil Wali Kota Baubau Imbau Bidan Tingkatkan Peran di Masyarakat

Demikian pembahasan mengenai rider asuransi yang perlu Anda ketahui. Saat memilih rider sebaiknya jangan terburu-buru. Pelajari lebih dulu mengenai rider yang Anda incar. Agar Anda dapat memperoleh manfaat yang maksimal.

Anda juga bisa membandingkannya dengan rider lain yang menurut Anda juga bisa bermanfaat untuk Anda. Untuk pembelian asuransi, Anda juga bisa beli asuransi secara online. (Adv)


Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan