56 CPNS Formasi Umum Tahun 2019 di Buton Selatan Ikut Orientasi

  • Bagikan
CPNS Buteng saat mengikuti orientasi (Foto: Dok. Diskominfo Busel)
CPNS Buteng saat mengikuti orientasi (Foto: Dok. Diskominfo Busel)

SULTRAKINI.COM: BUTON SELATAN – Sebanyak 56 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Umum Tahun 2019 lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan (Busel) mengikuti orientasi pegawai di Gedung Lamaindo, Senin (22 Februari 2021).

Bupati Buton Selatan, La Ode Arusani melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Selatan, La Siambo membuka secara resmi kegiatan orientasi yang akan berlangsung selama tiga hari mulai 22-24 Februari.

La Siambo mengatakan, 56 CPNS tersebut telah dinyatakan lulus sesuai surat kepala badan kepegawaian selaku Ketua Tim Pelaksanaan Seleksi Nasional Pengadaan CPNS 2019 Nomor: K26-30/B714/X/20.01 tanggal 27 Oktober 2020.

Menurutnya, pembekalan ini merupakan bagian penting untuk mengikuti diklat prajabatan yang merupakan syarat pengangkatan CPNS menjadi PNS. Untuk itu, prosesnya harus diikuti dengan baik dan tekun sebagai sebagai bagian dari pendidikan formal dalam berkarir di lingkungn birokrasi pemerintahan.

“Ini adalah proses awal memberdayakan dan meningkatkan SDM dan potensi diri sehingga menjadi abdi negara yang profesional dalam melayani masyarakat,” kata La Siambo, Senin (22/2/2021).

Menjadi seorang ASN atau PNS, kata dia, harus mampu mencermati perkembangan lingkungan internal dan ekternal yang membutuhkan berbagai macam persiapan dalam konteks peningkatan kinerja misalnya pada berbagai perkembangan politik, sosial ekonomi, dan sektor lainnya dari pemerintah pusat sehingga dapat meningkatkan semangat berkarya dan membangun daerah.

Baca:   Melalui Pendidikan Dasar CPNS Buteng Diharapakan Profesional Bekerja

“Terdapat beberapa tuntutan dan harapan yang sangat besar dari masyarakat terhadap sosok biroksrai. Pertama tuntutan profesionalisme dan kinerja yang berkualitas dengan output kerja yang memuaskan, tuntutan solusi terbaik yang strategis dan aktual sebagai respon atas kebijakan dan permasalahan yang muncul,” katanya

La Siambo berharap, kedepan setelah mengikuti masa orientasi seluruh peserta atau CPNS dapat bertugas dengan baik dan bisa menunjukkan kinerja yang optimal.

“Saya mengharapkan kehadiran CPNS hendaknya mampu memperkuat kinerja Pemkab Buton Selatan secara umum dan secara khusus meringankan beban OPD dalam menjalankan program dan memiliki kemampuan adaptasi dan menjunjung tinggi idelaisme,” pungkasnya. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan