57 Calon Jemaah Haji Baubau akan Diberangkatkan pada 21 Juni 2022

  • Bagikan
Kepala Kemenag Kota Baubau, Rahman Ngkali. (Dok. SULTRAKINI.COM)
Kepala Kemenag Kota Baubau, Rahman Ngkali. (Dok. SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Sedikitnya 57 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Baubau mulai mengikuti pelaksanaan manasik untuk persiapan pemberangkatan jemaah haji pada akhir Juni 2022, Kamis (2 Juni 2022).

Data kuota calon jemaah haji Kementerian Agama (Kemenag) Kota Baubau sebanyak 172 orang, namun terdapat 115 calon jemaah haji dinyatakan batal berangkat karena tidak memenuhi syarat dan mengundurkan diri, sehingga tersisa 57 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dan telah mulai mengikuti prosedur persiapan haji yaitu manasik yang dimulai Kamis ini, 2 Juni 2022.

Kepala Kemenag Kota Baubau, Rahman Ngkali, mengatakan kegiatan manasik akan berlangsung dua tahap, empat kali akan dilaksanakan di tingkat kecamatan dan dua kali di tingkat kota yang akan digelar di Kantor Pusat Layanan Haji dan Umroh Terpadu Kemenag.

“Manasik haji ini adalah tanggung jawab kami di Kementerian Agama, ditingkat kecamatan di mulai Kamis 2 Juni,” kata Rahman.

Manasik merupakan amanah undang-undang yang dibebankan kepada Kantor Kementerian Agama di setiap wilayah untuk memberikan tuntunan mengenai tata cara, rukun, doa, syarat wajib, dan hal-hal penting lainnya yang berkaitan dengan ibadah haji sehingga mampu memahami rangkaian ibadah haji.

Sehingga itu, Rahman menilai pelaksanaan manasik ini sangat perlu dilakukan oleh calon jemaah haji untuk memastikan saat pelaksanannya mereka dapat mengetahui tata cara dan alur ibadah haji dan mandiri dalam beribadah nantinya.

Adapun beberapa calon jemaah haji yang belum memenuhi syarat pada tahun ini akan diporsikan pada pemberangkatan tahun berikutnya, tentunya sesuai dengan ketentuan Pemerintah Arab Saudi.

Baca:   Empat Pasar di Konkep Rampung Desember 2018

“Semoga tahun depan aturan keberangkatan haji kembali normal, tidak ada aturan pembatasan usia dan kuota, itu akan terjadi kalau Covid-19 semakin melandai,” terang Rahman.

57 jemaah dari Kota Baubau bersama calon jemaah haji dari Kepulauan Buton lainnya masuk pada kloter VII keberangkatan yang dijadwalkan akan bertolak dari Kota Baubau menuju Embarkasi Makassar pada 21 Juni 2022 kemudian pada 23 Juni seluruh jemaah akan terbang menuju Mekkah melalui Bandara Abdul Aziz Jeddah. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan