59 Desa di Mubar Belum Cair DD Tahap 3

  • Bagikan
Kadis PMD Mubar, La Ode Tibolo. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUNA BARAT – Setidaknya 58 desa di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara belum cair dana desanya pada tahap 3 karena hambatan administrasi.

Total 58 desa dari 81 desa belum cair dana desanya pada tahap 3. Hal itu lantaran pihak desa belum menyerahkan laporan realisasi penggunaan anggaran transfer pusat sebagai syarat pencairan tersebut.

Sementara desa lainnya di wilayah tersebut sudah menerima pagu anggara DD tahap 3.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Mubar, La Ode Tibolo, menjelaskan dokumen yang belum disetorkan itu adalah realisasi DD tahap 1 dan 2, laporan konvergensi stunting, serta laporan hasil penyaluran BLT medio November 2021.

Untuk itu pihaknya terus menagih dokumen yang dipersyaratkan agar rampung pada November ini. Terlebih tahap pencairan anggarannya membutuhkan waktu.

“Setelah mereka ajukan kita upload ke link KPPN lalu diverifikasi. Kalau ada yang kurang, dikembalikan untuk diperbaiki. Kalau tidak, langsung ditransfer lewat rekening masing-masing desa,” jelasnya, Kamis (11/11/2021).

Total pagu anggaran untuk pencarian tahap 3 senilai Rp 79.795.561.000. Sementara presentase realisasi awal mencapai 87,42 persen atau Rp 69.757.876.000 per 8 November.

“DD tahap 3 masih digunakan untuk pemberdayaan masyarakat, pembangunan infrastruktur desa kemudian penanganan stunting, penyaluran BLT serta padat karya tunai,” tambah La Ode Tibolo. (B)

Baca:   Kery Berharap DD Bisa Dimaksimalkan untuk Program Pengembangan Ekonomi Desa

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan