6 Alasan Harus Membeli Produk Brand Lokal

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Dok.Ido)

SULTRAKINI.COM: Dunia fashion di Indonesia sudah berkembang sejak zaman dulu. Meskipun begitu, ternyata perkembangannya masih kalah dengan negara lain. Hal ini bisa kita lihat dari minat masyarakat pada produk luar yang selalu tinggi. Padahal, fashion di Indonesia tidak tertinggal dari negara lainnya. Hanya saja, terkadang alasan orang lebih memilih produk luar negeri karena beberapa alasan. Contohnya ingin mengikuti trend, gengsi atau memang menggemari produk tersebut.

Di samping itu, banyak masyarakat yang selalu mendukung perkembangan dunia mode di Indonesia ini. Tidak hanya ikut memeriahkan dengan menggunakan produk dalam negeri, bahkan beberapa orang tergerak dan membuat brand-nya tersendiri. Salah satu brand lokal yang terkenal adalah 3Second.

Brand asal Bandung ini diketahui sudah melebarkan sayapnya, salah satunya dengan tampil di Paris Fashion Show. Bukan tanpa alasan, produk-produknya yang bisa Anda temui di berbagai e-commerce seperti Blibli ini memang selalu mengeluarkan inovasi yang memikat hati masyarakat.

Beragam pilihan dan mode pakaian bisa Anda jadikan pilihan dari brand 3Second ini. Tentu saja tidak akan kalah jika dibandingkan dengan produk luar. Masih banyak produk dari brand lokal yang menarik dan memiliki nilai yang tinggi. Oleh sebab itu, mulailah lebih giat menggunakan produk lokal. Tidak hanya berdampak bagi diri Anda sendiri, tetapi penggunaan produk lokal juga memiliki dampak besar bagi Indonesia.

Baca:   Generasi Milenial Rentan Terpapar Hoaks

Berikut ini beberapa kelebihan menggunakan produk buatan lokal yang bisa Anda jadikan pertimbangan:

  1. Harga lebih terjangkau

Hal pertama bisa Anda jadikan pertimbangan adalah masalah harga. Umumnya, produk lokal akan dijual dengan harga jauh lebih terjangkau. Dalam konteks ini, produknya tetap memiliki kualitas yang baik dan dapat disandingkan dengan produk lainnya.

  1. Kualitas tetap terjamin

Jika Anda berpikir bahwa harga yang lebih murah berarti kualitas produk sangat rendah adalah hal yang salah. Sebab, setiap pengusaha lokal akan menjamin kualitas dari produk yang mereka jual. Hal tersebut pasti dilakukan bukan hanya untuk menjual produk supaya laku keras. Namun supaya mengangkat produk lokal di mata masyarakat luas sehingga masyarakat lebih tertarik membeli produk lokal.

  1. Daya tahan produk lebih awet

Sebagian besar produk brand lokal memiliki daya tahan lebih awet. Sebab mereka menggunakan teknik dan mesin yang sama dengan produk-produk brand impor. Namun bahan dasar yang dipilih justru lebih bagus dari produk impor kebanyakan.

Hal inilah yang membuat daya tahan produk lokal terbilang cukup lama. Mulai dari bulanan hingga dapat bertahan sampai jangka waktu tahunan.

  1. Membantu membuka lapangan kerja

Memakai produk lokal tidak hanya menguntungkan diri sendiri. Selain penjual yang akan merasa untung, Anda juga akan membantu membuka lapangan kerja. Sebab secara tidak langsung, Anda ikut terlibat dalam memperluas lapangan kerja di Indonesia.

Baca:   Cara Tepis "Mata Panda" dengan Kosmetik

Di dalam proses pembuatan berbagai produk, bukan hanya produsen saja yang akan berperan melainkan tim pemasaran, operasional, bahkan UKM lain yang akan terlibat dalam penjualannya.

Melihat jumlah tim yang ikut membantu, otomatis jumlah orang yang bekerja juga banyak. Ketika permintaan produk terus meningkat, perusahaan akan terus mencari tambahan pekerja. Inilah yang dikatakan bahwa Anda membantu membuka lapangan kerja dengan membeli produk lokal.

  1. Bangga pada kreasi anak bangsa

Kelebihan lain bisa dijadikan pertimbangan adalah Anda turut mendukung anak bangsa dalam berkreasi. Penggunaan produk lokal sama dengan menunjukkan rasa bangga Anda pada kreasi anak bangsa. Ini adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan bahwa Anda juga turut mendukung karya anak bangsa yang kualitasnya juga tidak kalah dengan produk luar.

Selain itu karena produk lokal dibuat oleh anak bangsa, hal-hal yang bersangkutan juga dipertimbangkan dari segi masyarakat Indonesia, seperti selera fashion, kondisi cuaca di Indonesia, sampai pemasukan warisan budaya yang ada di Indonesia.

  1. Membantu perekonomian bangsa

Tidak hanya membantu membuka lapangan kerja saja, penggunaan produk lokal adalah salah satu upaya Anda membantu perekonomian bangsa. Dengan membeli produk lokal, Anda turut ikut berkontribusi mendukung eksistensi para pengusaha, produsen, dan pengrajin dalam negeri, terutama para UMKM.

Baca:   Kondisi Pasar Modal di Tengah Pandemi, BEI Sebut Pemilik Saham Didominasi Investor Domestik

Jika masyarakat tergerak selalu menggunakan produk lokal, otomatis akan menggerakan perekonomian nasional sehingga akan meningkatkan pendapatan negara dan membantu perekonomian bangsa.

Itulah beberapa alasan yang bisa Anda jadikan pertimbangan dalam memilih produk dalam negeri. Untuk memajukan dunia fashion Indonesia, tentu masyarakat Indonesia harus ikut membantu dengan membeli produk dalam negeri tersebut.

Tidak perlu khawatir, sebab produk brand lokal tersebut sudah bisa Anda temukan dengan mudah. Mulai dari di toko-toko pakaian langsung atau di toko online, seperti Blibli.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan