6 Cara Memperkuat Mental agar Tidak Mudah Putus Asa saat Menghadapi Masalah

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Cara menguatkan mental patut diketahui, terlebih lagi bagi orang yang memiliki rasa kurang percaya diri. Sebab perasaan itu akan membuat diri kita sulit berkembang dalam menjalani keberlangsungan hidup.

Dilansir dari berbagai sumber, menentukan keputusan dan bisa menangani permasalahan hanya untuk mereka yang memiliki mental kuat. Mental sendiri merupakan pemikiran dan perasaan yang mungkin tidak berbentuk fisik, namun bisa dirasakan dan diutarakan. Anda yang sedang menghadapi masalah harus memiliki mental kuat. Nah berikut ini ada beberapa tips cara menguatkan mental diri sendiri.

Iman kuat

Ketika seseorang menghadapi masalah, bukankah lebih bagus jika iman yang dimiliki juga ditingkatkan? Di mana, mental seiring berjalannya waktu akan semakit kuat jika dibarengi dengan iman. Untuk Anda yang sedang bermasalah dan ingin meningkatkan iman, ingatlah Tuhan dan coba tenangkan diri dengan beribadah dan mendekatkan diri pada Tuhan Yang Maha Esa. Teori-Teori motivasi juga menjelaskan mengenai hubungan iman dan mental.

Jangan merasa takut menghadapi masalah

Kita selalu dituntut menghadapi setiap masalah dalam kehidupan. Oleh karena itu, jangan pernah merasa takut menghadapinya. Bisa jadi masalah yang datang itu merupakan salah satu cara melatih mental kita agar menjadi lebih tangguh.

Baca:   Koleksi Ular, I Wayan ingin Bersinergi dengan Pemprov Sultra Bangun Kebun Binatang

Lakukan evaluasi diri sendiri

Kamu perlu mengevaluasi dirimu atas setiap masalah yang berhasil kamu lalui. Pikirkan kembali setiap kemajuan yang kamu raih, serta pengembangan pola pikirmu. Dengan begitu mentalmu akan semakin kuat dan siap menghadapi masalah lainnya.

Melatih kesehatan

Mental kuat berkaitan dengan pikiran dan tubuh yang sehat. Kesehatan fisik berperan besar dalam mengembangkan kesehatan mental yang baik. Kebugaran jasmani mesti diutamakan, tetapi bukan hanya penampilan fisik.

Belajar menerima kritik dan saran membangun

Tidak selamanya kritik dari orang lain akan berdampak buruk bagi kita. Ada kalanya kritik dan saran yang diberikan justru membuat kita memiliki berbagai sudut pandang baru dalam memecahkan suatu masalah.

Habiskan waktu bersama orang terdekat

Cara menguatkan mental lainnya adalah menghabiskan waktu bersama orang terdekat. Bertemu dengan orang-orang terdekat akan sangat penting untuk kesehatan mental Anda, sehingga meski sedang sibuk dengan mengejar mimpi, namun jangan lupa selalu menyisihkan waktu bersama dengan orang-orang yang bisa menjadi sumber energi bagi Anda. (C)

Laporan: Sela
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan