6 Manfaat Daun Kelor, Salah Satunya Memperlancar ASI

  • Bagikan
Daun kelor.

SULTRAKINI.COM: Daun kelor atau Moringa Oleifera termasuk jenis tanaman tropis. Tanaman berkhasiat satu ini sering digunakan sebagai pengobatan tradisional.

Daun kelor memiliki beragam nutrisi yang terkandung di dalamnya, seperti protein, Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B2, vitamin B6, dan vitamin C, Mineral, termasuk zat besi, kalsium, kalium, dan magnesium serta mengandung asam amino esensial, dan antioksidan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh.

  1. Melancarkan produksi ASI

Jika kamu memiliki produksi ASI yang tidak lancar, Anda bisa mencoba mengonsumsi daun kelor karena ekstrak daun ini mengandung senyawa yang dapat melancarkan produksi ASI.

  1. Menghamabat pertumbuhan kanker

Ekstrak kulit batang dan daun kelor dikatakan efektif membantu menghambat tumbuhnya sel-sel kanker pada tubuh, termasuk kanker usus besar. Manfaat daun kelor berkaitan dengan kandungan antioksidan yang mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan daun kelor dapat mengontrol kadar gula darah serta meningkatkan produksi dan fungsi insulin. Tentunya, manfaat ini sangat baik mencegah terjadinya resistensi insulin dan diabetes.

  1. Membantu menurunkan kolestrol

Rutin mengonsumsi daun kelor dapat membantu menurunkan kolestrol, membuatnya menjadi incaran banyak orang. Efek penurun daun kelor disebut mirip dengan almond dan oats.

Baca:   Stikes Karya Kesehatan Kendari Edukasi Cara Menjaga Diri Sejak Dini, Yuk Belajar Bersama
  1. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat daun kelor selanjutnya menjaga kesehatan jantung karena mengandung antiradang dan antioksidan.

  1. Memelihara fungsi dan kesehatan otak

Kandungan antioksidan terkandung dalam daun kelor ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga fungsi dan kesehatan otak. Asupan antioksidan yang terpenuhi bisa membantu menurunkan risiko tubuh dari ancaman penyakit Parkinson dan Alzheimer. (C)

(Baca juga: Kelor, Tanaman Penjernih Air Sampai Dipercaya Tangkal Black Magic)

Laporan: Tian
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan