6 Nuansa Sultra pada Upacara HUT RI 2022 di Istana Negara

  • Bagikan
Pengibaran Sang Saka Merah Putih pada HUT RI ke-77 (Foto: Potongan video Sekretariat Kabinet)

SULTRAKINI.COM: Upacara peringatan HUT RI ke-77 di Istana Negara terlihat beberapa momen menunjukkan kekhasan Provinsi Sulawesi Tenggara, Rabu (17 Agustus 2022). Mulai dari pakaian presiden RI Joko Widodo, atraksi, sampai sejumlah putra-putri asal Sultra terlibat di momen tersebut.

Berikut fakta-fakta bernuansa Sultra yang ikut berpartisipasi pada hari Kemerdekaan RI ke-77:

  1. Pakaian Adat Kesultanan Buton Dolomani
Presiden RI Joko Widodo bersama istri dan Wakil Presiden Maaruf Amin bersiap memasuki lapangan upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara, Rabu ( 17 Agustus 2022)

Presiden Joko Widodo memilih baju Kesultanan Buton yaitu Dolomani, untuk dikenakan pada saat upacara hari Kemerdekaan RI ke-77 di Istana Negara.

Dolomani merupakan pakaian kebesaran Sultan Buton ke-35, Sultan Muhamad Ali saat menghadiri upacara-upacara resmi Kesultanan Buton. Lazimnya baju tersebut berwarna hitam, namun khusus Presiden Jokowi pada upacara HUT RI ini dibuat dengan warna merah sesuai pesanan.

(Baca: Filosofi Baju Kesultanan Buton Dolomani yang Dipakai Jokowi di Upacara HUT RI ke-77)

  1. Tarian Lumense Bombana
Tari Lumense di pentaskan sebelum pengibaran bendera merah putih pada HUT RI ke-77 di Istana Negara, Rabu (17 Agustus 2022)

Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara mendapat kepercayaan dari pihak Istana Negara di hari Kemerdekaan RI ke-77untuk menampilkan salah satu tarian lokalnya. Tari Lumense merupakan kesenian tari yang berasal dari Kabupaten Bombona Sultra. Tarian dibawakan oleh lebih dari 100 penari.

(Baca: Tarian Lumense asal Bombana Tampil Di Istana Negara di HUT RI ke-77)

Baca:   BP2MI Sarankan Pemprov Sultra Buat Perda Perlindungan Migran

(Baca juga: Asal Usul Tari Lumense Asal Bombana yang akan Dipentaskan 17 Agustus 2022 di Istana Negara)

  1. Bendera Tombi
Bendera Tombi yang mengiringi kirab bendera pusaka dari Monas ke Istana Negara pada HUT RI ke-77, Rabu (17 Agustus 2022)

Bendera Tombi adalah bendera kerajaan Konawe Sultra, yang ikut mengiringi kirab bendera pusaka dari Monas ke Istana bersama sejumlah bendera kerajaan nusantara lainnya pada 17 Agustus 2022.

(Baca: Mengenal Tombi, Bendera Kerajaan Konawe yang akan Berkibar di Istana Negara)

  1. Paskibraka
Divani Avilia S ( lingkaran merah) anggota pasukan 17 pengibaran bendera di HUT RI ke-77

Dua pelajar asal Sultra terpilih menjadi Pasukan Pengibar Bendera Pustaka (Paskibraka) di Istana Negara pada HUT ke-77 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022.

Pelajar yang mewakili Sultra tersebut bernama Arnold Stevan Sinaga, siswa SMA Negeri 4 Kendari dan Divani Alivia S, siswa SMA Negeri 1 Kendari.

  1. Andike Sry Mutia Komandan Upacara
Andike Sry Mutia selaku Komandan Upacara bendera HUT RI ke-77, Rabu (17 Agustus 2022)

Mantan Komandan Kolonel Laut (Danlanal) Kendari, Andike Sry Mutia terpilih menjadi Komandan Upacara pada HUT RI ke-77.

Saat ini Andike menjabat sebagai Komandan Pusat Pendidikan Pelaut Komando Pendididkan Operasi Laut Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Danpusdikpel Kodikopsla Kodiklatal)

Sebelum menjabat Komandan Pusdikpel Kodikopsla, Andike Sry Mutia, menjabat sebagai Komandan Lanal Kendari di bawah Lantamal IV Makassar 2020-2021.

Sebelum menjadi Komandan Lanal Kendari, Andike pernah menjabat Komandan Denmako Koarmada II pada 2019-2020. Sementara pada 2018-2019 Andike menjabat Dandenmako Koarmatim. Jauh sebelum itu, Andike merupakan Komandan KRI Nala-363.

Baca:   DPRD Sultra Sepakat Tolak Kedatangan 500 TKA di PT. VDNI

(Baca: Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka 2022, Ini Daftarnya)

  1. Briptu Ragil Rahmi Lestari MC HUT RI Asal Sultra
Briptu Ragil Rahmi Lestari saat membacakan susunan acara pada HUT RI ke-77, Rabu (17 Agustus 2022)

Briptu Ragil Rahmi Lestari, Polwan Polda Sultra yang menjadi Master of Ceremony (MC) upacara HUT RI ke-77 di Istana Negara.

Polwan yang berasal dari Kota Kendari tersebut berdinas di Biro Operasi Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Roops Polda Sultra). Dan di percaya menjadi MC pada hari Kemerdekaan RI 2022. (B)

Laporan: Tian
Editor: Feni Sul Fianah

  • Bagikan