600 Personil Polisi Dilibatkan Pada Operasi Patuh 2016

  • Bagikan
Jajaran personil Polda Sultra saat mengikuti Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh 2016 di Lapangan Mapolda Sultra, Senin (16/5/2016). (foto : Rian Adriansyah/ SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM : KENDARI – Ratusan personil polisi lalu lintas, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara, mengikuti Apel Pasukan Operasi Patuh 2016. Apel pasukan ini menandai dimulainya operasi lalulintas yang digelar secara nasional selama 14 hari, yakni mulai pada 16 hingga 29 Mei 2016.

 

Dalam sambutannya, Kapolda Sultra Brigjend Pol Agung Sabar Santoso menjelaskan, tujuan pertama Operasi Patuh Jaya 2016 ini adalah untuk memperlancar arus lalu lintas dan menurunkan angka kecelakaan serta menekan
angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas.

 

”Operasi patuh Tahun 2016 ini merupakan salah satu upaya Polri dalam rangka meningkatkan kepercayaan masyarakat yang dilaksanakan dengan memanfaatkan momentum menjelang Bulan Ramadhan. Melalui pendekatan
persuasif dan edukatif, dilakukan dengan memberdayakan fungsi dikmas lantas secara optimal,” ungkap Agung pada Apel Pasukan yang digelar di Lapangan Mapolda Sultra, Senin (16/5/2016)

 

Fokus utama pada operasi ini berbeda dari operasi Simpatik yang digelar beberapa bulan sebelumnya. Pada operasi patuh lebih dikedepankan aspek penegakan hukum yang dibarengi tindakan preventif atau pencegahan.
Sebanyak 600 personil dari Direktorat Lalulintas Polda Sultra dan jajaran akan dilibatkan dalam operasi ini yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota se Sultra.

 

Baca:   Jelang PON, KONI Sultra Verifikasi Atlet

Dikesempatan yang sama, Direktur Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Sultra, Kombes Pol Rudi Antariksawan, mengungkapkan bahwa kegiatan preentif juga akan dilakukan seperti penjagaan, pengaturan, pengawalan dan patroli ditempat yang semrawut, rawan kecelakaan lalu-lintas dan pelanggaran lalu-lintas.

 

”Harapan kami pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas bisa turun,” tutupnya kepada wartawan.

  • Bagikan