7 Manfaat Kesehatan Jika Bergandengan Tangan

  • Bagikan
Ilustrasi
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Bergandeng tangan merupakan sesuatu yang biasa kamu lakukan dengan orang yang kamu sayangi. Baik dengan pasangan atau dengan anak. Bergandengan tangan ternyata selain menunjukan kemesraaan kepada pasangan, juga memberikan manfaat lain yang mungkin belum Anda ketahui.

1.Menghilangkan Stres
Bergandengan tangan dengan seseorang yang dipercaya atau dicintai sangat signifikan menurunkan konsetrasi hormon stres yang disebut kortisol. Ketika terjadi ketengangan, sentuhan ringan di tangan dapat membantu meringankankanya.

Berdasar penelitian di University of Virginia, bergandeng tangan diketahui bisa membuatmu merasa lebih tenang. Ketika bergandeng tangan dengan pasangan, hormon stres di dalam tubuh menurun sehingga stres yang kamu miliki berangsur menghilang.

2. Membangun Hubungan Lebih Baik
Ketika Anda bergandeng tangan, saraf di otak terstimulasi karena seluruhnya berhubungan dengan tangan. Sebab bergandeng tangan, tubuh memproduksi hormon oksitocin atau hormon cinta yang membuatmu merasa bahagia, hangat, dan lebih terhubung dengan orang lain.

3. Menghilangkan Rasa Sakit
Sebuah penelitian diterbitkan oleh Journal Psocological Science menemukan kenyataan bahwa berpegangan tangan memiliki manfaat fisiologis yang nyata.
Mereka melakukan eksperimen yang melibatkan 25 relawan wanita beserta dengan pasangan. Masing-masing relawan diberikan rangsangan rasa sakit (berupa panas) pada lengan mereka. Namun setelah tangan mereka digenggam oleh pasangannya masing-masing, ternyata ditemukan efek anestesi.

Mereka menyatakan bahwa nyeri yang dirasakan menjadi berkurang setelah merek berpegangan tangan dengan pasangan. Ketika bergandengan dengan pasangan, menurut penelitian-otak akan menghilangkan rasa sakit dari tubuh. Hal ini memancing munculnya empati yang memiliki manfaat luar biasa dalam menghilangkan rasa sakit.

Baca:   Pendidikan dan Kesehatan Jadi Program Prioritas Forum SKPD Koltim

4. Mengatasi Rasa Takut
Mungkin sebagian dari Anda ketika menonton film horor dan merasakan ketakutan, Anda tanpa sadar memegang tangan pasangan kamu, ini adalah reaksi alami untuk melawan adrenalin yang meningkat karena rasa takut.
Bergandeng tangan dengan pasangan bisa menenangkan diri dan membuatmu merasa aman. Selain itu, bergandeng tangan memberi kekuatan bagimu untuk melawan rasa takut secara efektif, hingga menurunkan tekanan darah.Bergandeng tangan bisa menenangkan saraf dan menurunkan tekanan darah. Ketika bergandeng tangan, kamu bisa merasa lebih aman sehingga mampu membuat tekanan darah menurun lebih cepat.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur
Ketika bergandeng tangan, kamu bakal merasa lebih nyaman sehingga membantumu tertidur lebih cepat. Ketika dilakukan saat tidur dengan pasangan, bergandeng tangan ini bisa meningkatkan kualitas tidurmu.

6. Meningkatkan Sistem Imun
Ketika stres, sistem imun tubuh bakal menurun. Bergandeng tangan bisa meredakan rasa stres pada tubuh dengan meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Cara ini bisa menjauhkan sejumlah potensi masalah kesehatan yang bakal kamu alami.

7. Meningkatkan Kesehatan Otak
Bergandeng tangan bisa mengaktifkan area otak yang mampu menurunkan tingkat stres. Ketika otak berada pada kondisi tenang dan nyaman, kesehatannya juga bakal meningkat.

Baca:   Cara Atasi Mengantuk Di Tempat Kerja

Dari berbagai sumber
Laporan: Fatima

  • Bagikan