Ada Gempa di Konawe Utara, Getarannya Dirasakan Sampai Konawe

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Wilayah sebelah barat daya Motui, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara diguncang gempa pada Rabu (24 Agustus 2022) pukul 08:03:47 Wita. Gempa ini dipicu aktivitas Sesar Lokal di daerah tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan, gempa di Konawe Utara bermagnitudo 2,9 berlokasi di darat pada jarak 6,3 kilometer, barat daya Motui dengan kedalaman empat kilometer.

Guncangan gempa terdeteksi ikut dirasakan sejumlah masyarakat di Kabupaten Konawe. Meski demikian belum ada laporan kerusakan bangunan akibat fenomena tersebut.

Gempa kategori dangkal ini diakibatkan aktivitas Sesar Lokal di barat daya Motui, Kabupaten Konawe Utara. Hasil permodelan menunjukkan dampak gempa tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 09.52 Wita, hasil monitoring BMKG belum terjadi aktivitas gempa susulan. Masyarakat diharapkan tetap tenang dan tidak terpengaruhi isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin.

Berdasarkan data terkini BMKG, Rabu (24/8) menunjukkan tidak hanya wilayah Motui terjadi gempa, melainkan barat daya pesisir barat, Lampung pada pukul 02:46:52 WIB dengan magnitudo 5,0 pada kedalaman 12 kilometer.

Laporan: Sarini Ido

Baca:   Gempa di Konut, Bupati Minta Warganya Banyak Berdoa
  • Bagikan