Ada Oknum Caleg dan Kadis di Konkep Titip Proposal Bantuan Perikanan

  • Bagikan
Dinas Perikanan Konawe Kepulauan menyerahkan bantuan perikanan kepada nelayan. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)
Dinas Perikanan Konawe Kepulauan menyerahkan bantuan perikanan kepada nelayan. (Foto: Dok.SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUANDinas Perikanan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Provinsi Sulawesi Tenggara membagikan bantuan 50 kapal bagi nelayan. Pembagian kapal tersebar di tujuh kecamatan dengan kriteria tertentu.

Bantuan kapal nelayan diberikan untuk meningkatkan kualitas hasil tangkap para nelayan setempat.

Tidak hanya kapal, nelayan juga dibantukan dengan alat tangkap, berupa 29 pancing rawai, sepuluh bubu, dan lima pukat rumah. Penerima bantuan merupakan nelayan yang dinyatakan lengkap syarat administrasi.

“Lengkap administrasi adalah KTP, tanda tangan kepala desa, kartu nelayan, atau kartu ‘kusuka’, dan lain sebagainya, karena banyak kami temukan yang memalsukan tanda tangan kepala desanya,” jelas Kepala Dinas Perikanan Konkep, Darwis, Selasa (29/1/2019).

Penyaluran bantuan yang dihadiri Bupati Konkep, Amrullah itu dirangkaikan dengan menyerahkan asuransi kepada tiga penerima, yakni keluarga dari Almarhum Sudi Rp 160 juta, keluarga Almarhum Mahjus Rp 20 juta, dan keluarga Almarhum Mustamin Rp 20 juta.

Ketiganya merupakan keluarga dari nelayan yang mengalami kecelakaan laut dan mengantongi kartu nelayan.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Bantuan hibah bersyarat ini diberikan dengan catatan tidak dijual atau diberikan kepada orang lain, bantuan ini harus dirawat jika tidak kami bisa saja tarik kembali,” ucap Darwis.

Baca:   PDIP Buteng Target Kursi Ketua DPRD

Ia mengaku, bantuan melalui dana alokasi khusus lebih dari Rp 1 miliar tersebut, tidak sedikit para caleg datang menitip proposal untuk mendapatkan bantuan. Ada juga kepala dinas yang datang menitip orang demi memperoleh bantuan.

“Banyak para caleg yang datang menitip kelompok untuk mendapatkan bantuan ini, ada juga kadis yang datang sama saya untuk menitipkan proposal tersebut,” terangnya.

Walaupun ia tidak terang-terangan menyebut identitas caleg yang bersangkutan, Dinas Perikanan Konkep pastinya tidak meloloskan atau menggugurkan proposal titipan.

“Jangan bantuan ini ditunggangi dengan politik. Salah satunya anggotanya pak kadis pendidikan kami gugurkan karena saya tidak repon kalau titipan. Kedua, proposal yang dimasukanya tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

Bupati Konkep menegaskan tidak ada sogok-sogok demi memdapatkan bantuan. “Saya haramkan jika ada masyarakat kita menyogok untuk mendapatkan bantuan itu,” kata Amrullah.

Laporan: Aldi Dermawan
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan