Ajaib, Daging bisa Empuk dengan Tambahkan 5 Bahan Ini

  • Bagikan
Ilustrasi

SULTRAKINI.COM: Sebagian orang khususnya ibu rumah tangga yang baru belajar memasak daging biasanya kesulitan mengolah daging agar empuk. Namun ada bahan-bahan tertentu yang jika ditambahkan dipercaya membuat daging menjadi empuk ketika dimasak.

Ada beberapa cara agar tekstur daging menjadi empuk, misalnya menggunakan bahan mudah ditemukan di sekeliling kita. Berikut lima bahan yang bisa membuat daging menjadi empuk.

  1. Direndam Teh

Cara memasak daging agar menjadi empuk salah satunya menggunakan teh. Kandungan tanin dimilik teh dapat membuat daging empuk secara alami. Kamu bisa menggunakan teh berwarna pekat dengan cara merendamnya bersama dengan daging kurang lebih 5 menit, sehingga tidak merusak rasa alami daging. Setelahnya kamu bisa mengolah atau merebusnya sebentar.

  1. Direndam dengan Buah Nanas

Nanas juga dikenal dapat membuat daging lebih empuk. Faktanya, kandungan enzim bromelin dari nanas mampu membuat daging menjadi lebih empuk. Dimana, enzim tersebut mampu mengurasi serat-serat daging.

Parut nanas muda, lalu lumurkan pada daging. Kemudian diamkan kurang lebih 10-30 menit, sehingga membuat daging lebih cepat matang dan empuk.

  1. Dilumuri Jahe

Cara ketiga, kamu bisa memanfaatkan jahe di dapur, yaitu melumuri daging dengan parutan jahe secara merata.

Pasalnya, kandungan enzim proteolitik dimiliki jahe dipercaya mengurangi ikatan protein dalam daging, hal inilah yang membuat daging menjadi lebih empuk.

Baca:   Mahasiswi Ini Raup Belasan Juta lewat Bisnis Online

Kamu juga bisa menggabungkan parutan jahe dengan nanas. Kombinasi ini bukan hanya membuat daging lebih empuk, tetapi memberikan aroma buah yang segar.

  1. Rendam Menggunakan Baking Powder

Selain digunakan untuk mengembangkan kue, baking powder dipercaya bisa dimanfaatkan untuk membuat daging menjadi empuk. Caranya, cukup merendam daging dengan baking powder beserta bumbu lainnya, hal ini dilakukan selama semalaman.

  1. Bungkus dengan Daun Pepaya

Daun pepaya selain untuk lauk makan, juga bisa menggunakan untuk mengempukkan daging.

Caranya dengan membungkus daging dengan daun pepaya kurang lebih setengah jam sebelum dimasak.

Kandungan zat papain dari daun pepaya dipercaya membuat tekstur daging lebih empuk sehingga ktidak harus merebusnya dengan waktu lama. (B)

Laporan: Julia Dwi Sadini
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan