AJP Kembali Terpilih Jadi Ketua Kadin Konsel

  • Bagikan
Adi Jaya Putra (tengah) kembali didapuk sebagai Ketua Umum Kadin Konsel periode 2021-2026 berpose bersama Sekda dan Panitia. (Foto: Ist)
Adi Jaya Putra (tengah) kembali didapuk sebagai Ketua Umum Kadin Konsel periode 2021-2026 berpose bersama Sekda dan Panitia. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: KONSEL –  Adi Jaya Putra (AJP) kembali terpilih menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab) ke- III yang digelar di Wonua Monapa Resort, Kecamatan Ranomeeto, dengan agenda pemilihan ketua dan pengurus masa periode 2021 – 2026, Selasa (28/12/2021).

Musyawarah Kabupaten Kadin Konsel itu dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Konsel, Ir Drs H Sjarif Sajang M.Si, dihadiri Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo S.Sos M.Si, Ketua Komisi DPRD Tasman Lamuse, Ketua OKK Kadin Sultra M Syawal Rigay ST, serta Ketua Demisioner Kadin Konsel 2016 – 2021 sekaligus calon tunggal Ketua Kadin Konsel, Adi Jaya Putra, dan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel.

Sejak dibukanya pendaftaran calon ketua Kadin pada 13 sampai 21 Desember 2021 lalu, ada beberapa calon yang mendaftar namun tidak memenuhi persyaratan secara vaktual sehingga dinyatakan tidak lolos. Karena salah satu syarat mendasar untuk maju sebagai calon ketua Kadin kabutan yakni memegang KTA selama tiga tahun berturut-turut.

Dari empat nama yang mendaftar dan dilakukan validasi dan diverifikasi oleh panitia, putra dari Bupati Konsel Surunuddin Dangga tersebut ditetapkan sebagai calon tunggal dalam pemilihan Ketua Kadin Konsel.

Baca:   BI Luncurkan Aplikasi QR Code untuk Semua Pembayaran

Mewakili Bupati H Surunuddin Dangga yang sedang menjamu Presiden RI Jokowi di Bandara Haluoleo, Sekda Konsel Sjarif mengatakan, berdasarkan Undang-undang No 1 Tahun 1987, Kadin merupakan satu-satunya organisasi yang mewadahi pengusaha, khususnya pengusaha lokal.

“Hal itu juga yang menjadi landasan organisasi, AD/ART Kadin yang disahkan melalui Keppres RI Nomor 17 Tahun 2022,” terangnya.

Katanya, sebagai wadah pengusaha, saatnya Kadin Konsel giat membantu, membangun, dan meletakkan perekonomian bangsa melalui peran aktif pengusaha lokal dalam dunia investasi. Khususnya pada sektor pertanian, perikanan, perkebunan, peternakan, pariwisata, dan pertambangan.

“Kondisi perekonomian Konsel secara potensial sangat menarik bagi dunia investasi pada semua sektor, maka pengusaha lokal harus bisa bermitra dan mengambil peran dalam investasi tersebut, sehingga tidak hanya menjadi penonton di daerahnya sendiri,” ucapnya.

Kadin sebagai mitra pemerintah, sambungnya, dapat berperan melalui sinergi pemulihan ekonomi. Untuk menentukan sektor usaha maka perlu dimaksimalkan atas dasar prinsip inklusif dan kolaboratif

“Optimalisasi peran Kadin selaku mitra strategis pemerintah sangat dibutuhkan dalam mensukseskan pembangunan ekonomi dimasa pandemi covid-19, sehingga berharap terjadi percepatan pertumbuhan ekonomi di Konsel, Dan melalui Muskab terpilih pengurus baru yang amanah dan pro aktif mendukung seluruh program pembangunan,” pungkasnya.

Baca:   Ini Respon CEO Indodax Soal Pasokan Bitcoin dan Ethereum yang Berkurang

Dalam laporannya, Samsu SP selaku Ketua Panitia kegiatan menyampaikan Muskab III yang dihelat sebagai wadah penyatuan tekad para pelaku usaha dengan mengambil peran lebih untuk menggali potensi-potensi ekonomi dengan dukungan Pemerintah Daerah.

“Dengan harapan kedepan lahir pengusaha baru yang dapat berkempotisi baik dikancah nasional hingga level internasional,” sebutnya.

Sementara itu, Adi Jaya Putra (AJP) mengatakan, Muskab hari ini merupakan momentum merevitalisasi pengurus dalam menyusun program kerja baru untuk periode berikutnya, khususnya bersinergi bersama pemerintah daerah dalam pengembangan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

“Tentunya penentuan arah kebijakan baru dan program kemitraan strategis, seluruhnya bisa berjalan setelah pengukuhan serentak oleh Kadin Provinsi nantinya. Berharap kita semakin berkembang dan kemitraan dengan pelaku usaha bisa berjalan baik sekaligus menjadi mitra strategis pemerintah dalam memajukan daerah pada semua sektor,” tandasnya.

Untuk program kerja kata Adi Jaya Putra, saat ini pandemi Covid-19 masih berlangsung dan sangat mempengaruhi kondisi ekonomi masyarakat, khususnya para pengusaha UMKM. Tentu dengan kepengurusan yang baru, banyak para pengusaha yang dibina oleh Kadin Konsel.

“Dengan sekuat tenaga dan pikiran akan membangkitkan kembali pelaku UMKM yang terdampak. Ini sesuai dengan amanah dari presiden Jokowi melalui Kadin Indonesia untuk menggairahkan pelaku UMKM,” jelasnya.

Baca:   Survei Disagregasi PMTB Diharapkan Bantu 'Pekerjaan Rumah' Pemda Konsel

Awal 2022 lanjut Adi Jaya Putra, Kadin bersama Pemerintah Konsel akan melakukan pendataan verifikasi data terhadap pelaku UMKM, termasuk akan melakukan pengecekan langsung di lapangan.

“UMKM kita akan dorong mulai dari peningkatan kualitas hingga mendapatkan izin edar, agar bisa bersaing dan diterima di pasar level nasional,” jelasnya.

Selain sektor UMKM, Kadin Konsel juga akan memfasilitasi para investor yang masuk di daerah.

“Kadin juga akan memfasilitasi investor besar menegah ke atas. Tahun depan akan ada peletakan batu pertama pembangunan smelter di Landipo,” tandasnya.

Muskab Kabupaten III Kadin Konsel Tahun 2021 dengan tema “Satukan Hati Bangkitkan Ekonomi Kabupaten Konsel” ini, dianggap sukses pada periode sebelumnya, seluruh pengurus secara bulat kembali mempercayakan AJP yang juga Putra Bupati Konsel H Surunuddin Dangga untuk memimpin Kadin masa bakti 2021 – 2026. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan