Akibat Covid-19, Ratusan Peserta Umrah Gratis Pemda Wakatobi Terancam Batal Berangkat

  • Bagikan
Kabag Kesra Sekretariat Daerah Wakatobi, Usman. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: WAKATOBI – Wabah Covid-19 nampaknya belum menunjukkan tanda-tanda berakhir di 2021 ini. Hal itu membuat program umrah gratis Pemerintah Daerah Wakatobi, Sulawesi Tenggara terancam tidak terealisasi untuk kedua kalinya.

Sebanyak 100 orang peserta umrah gratis Pemda Waaktobi yang siap diberangkatkan.

Kabag Kesra Sekretariat Daerah Wakatobi, Usman, menerangkan penundaan keberangkatan peserta umrah sejak 2020 ketika Covid-19 mewabah di Indonesia dan dunia. Akibatnya program yang menargetkan 50 orang di 2019 dan berangkat di 2020 belum direalisasikan.

“Jadi sudah dua SK ditunda keberangkatannya, yakni SK tahun 2019 dan 2020. SK tahun 2019 harusnya berangkat di 2020, sementara SK 2020 mestinya berangkat 2021,” jelas Usman, Jumat (26/3/2021).

ibu alimazi

Terkait pembukaan haji pada tahun ini, Pemerintah Arab Saudi masih mengkajinya. Pemda Wakatobi pun terus mencari perkembangan informasinya.

Sementara itu, 100 orang peserta umrah yang dijadwalkan berangkat akan dicek kembali kesehatannya apabila perjalanan haji dan umrah dibuka pemerintah setempat.

“Kalau masih memenuhi syarat kami berangkatkan, jika tidak memenuhi syarat lagi ya mau diapa,” ujarnya.

Untuk diketahui, Pemda Wakatobi menyiapkan anggaran sekitar Rp 3 miliar untuk memberangkatkan seratus orang peserta umrah. (B)

Laporan: Amran Mustar Ode
Editor: Sarini Ido

Baca:   Sulkarnain: Jamaah Haji Diharapkan menjadi Suri Tauladan di Masyarakat
  • Bagikan