Aksan Jaya Putra Tumbuhkan Semangat dan Wawasan Kebangsaan Siswa-siswi di Kendari

  • Bagikan
Anggota DPRD Sultra, Aksan Jaya Putra B. Bus menyosialisasikan empat pilar kebangsaan kepada siswa-siswi di SMAN 9 Kendari. (Foto: La Niati/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Penanaman nilai – nilai kebangsaan yang terkandung di dalam empat pilar kebangsaan harus konsisten dilakukan di lingkungan pendidikan. Dengan begitu akan menciptakan pola pikir siswa sekaligus memperkuat rasa cinta terhadap tanah air sejak dini.

Hal itulah yang dilakukan oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Aksan Jaya Putra (AJP) dengan melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 9 Kota Kendari dan SMAN 2 Kendari pada Selasa (25/10/2022).

loker wartawan sultrakini

Ia mengatakan bahwa Indonesia memiliki empat konsensus kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tinggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang harus menjadi landasan setiap langkah anak bangsa untuk bersatu berbenah dalam menghadapi masuknya ideologi dari luar.

“Kita sebagai bangsa harus mampu menghasilkan generasi yang siap menghadapi tantangan dan mencapai cita-cita bangsa. Seluruh anak bangsa harus bersama-sama dan berperan aktif untuk mewujudkan cita-cita tersebut,” ujarnya di hadapan puluhan siswa.

Aksan Jaya Putra mengungkapkan bahwa empat pilar kebangsaan ini sangat penting untuk dipelajari dan diingat, lebih-lebih diaplikasikan nilai-nilainya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Seluruhnya sangat penting sebagai dasar dan ideologi negara, konstitusi negara, bentuk negara, dan juga semboyan negara. Empat pilar itu merupakan hal yang paling ampuh untuk mencegah perbuatan yang negatif, seperti penyalahgunaan narkoba, mengonsumsi alkohol, tawuran maupun menangkal radikalisme. Karena mampu melindungi nilai-nilai kebangsaan,” jelasnya.

Baca:   Rumah Terdampak Tiang Pancang Jembatan Jalan Kendari - Toronipa Bertambah

Ketua Fraksi Partai Golkar Sultra tersebut mengajak generasi muda untuk terus memupuk semangat kebangsaan. Pasalnya, empat pilar kebangsaan merupakan menjadi landasan utama kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Tujuan digelarnya sosialisasi empat pilar kebangsaan secara berkesinambungan yakni guna membangun semangat nilai-nilai kebangsaan dan nilai-nilai konstitusi bagi siswa,” katanya.

Sementara itu, Kepala SMAN 9 Kendari, Aslan mengatakan materi sosialisasi empat pilar kebangsaan merupakan kebutuhan bagi siswa.

“Kami berterima kasih pak Aksan memilih sekolah kami untuk datang sosialisasi empat pilar kebangsaan. Tepat rasanya anak didik kami untuk lebih jauh memahami dan memaknai, supaya terhindar dari perilaku menyimpang,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala SMAN 2 Kota Kendari, Sujarwin bahwa jumlah siswa yang sangat banyak dan heterogen maka diperlukan penanam nilai nilai kebangsaan.

“Kami sangat berterima kasih sekali. Kesempatan ini kami harus manfaatkan sebaik mungkin untuk memberikan informasih kepada siswa kami agar mereka tetap konsisten bahwa mereka adalah bagian warga negara yang belajar,” tandasnya. (B)

Laporan: La Niati
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan