Aktif di Lapangan Sejak Dilantik, Berikut Sejumlah Jejak Samsul Bahri Selama Menjabat Bupati Koltim

  • Bagikan
Samsul Bahri. (Foto: Ist)

SULTRAKINI.COM: Bupati Kolaka Timur, Samsul Bahri meninggal di usianya ke-53 tahun. Usai dilantik sebagai bupati pada akhir Februari 2021, beliau langsung aktif memenuhi kewajibannya di pemerintahan. Banyaknya deretan aktivitas beliau tidak lain untuk sesegera mungkin berjalannya visi dan misi pemerintahan bersama pasangannya Andi Merya. Untuk itu Sultrakini.com merangkum sejumlah sejejak Samsul Bahri dalam menjalankan roda pemerintahan sejak dilantik sebagai bupati Koltim.

Dilansir dari laman resmi Diskominfo Koltim, nampak Samsul Bahri sering berpergian untuk urusan dinas di bagian-bagian wilayah Koltim. Perjalanannya itu selalu berombongan bersama wakilnya Andi Merya, sang istri Diana Samsul Bahri, maupun jajaran pejabat Pemda Koltim.

(Baca juga: Kabar Duka, Bupati Kolaka Timur Samsul Bahri Meninggal Dunia )

Tidak jarang pula, harapan-harapan besar disampaikan beliau ketika berhadapan dengan pegawai ataupun masyarakat di lokasi kunjungan.

Sultrakini.com pun merangkum sejumlah jejak Samsul Bahri dalam menjalankan tugasnya sebagai Bupati Koltim.

15 Maret 2021

Membuka musrenbang tingkat Kecamatan Ladongi di GOR Kelurahan Atula. Dalam kesempatannya, bupati berharap tiga strategi dapat membantu memberdayakan masyarakat, yakni peningkatan produktivitas pertanian, perkebunan, penguatan UMKM, dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Ada juga urusan strategi di sektor pendidikan, kesehatan, pembangunan potensi pariwisata, serta pembangunan infrastruktur perdesaan dan perkotaan yang berkualitas, seperti jalan, jembatan, irigasi, listrik yang perlu mendapatkan prioritas.

Ia juga mengharapkan adanya peningaktan pendapatan asli daerah yang menajdi sumber keberlangsungan pembangunan yang direncanakan bersama.

Pada 15 Maret itu juga, Samsul Bahri bersama rombongan mengikuti musrenbang se-Kecamatan Dangia.

12 Maret 2021

Bersama rombongan menghadiri Isra Miraj di Masjid Murl Huda Kelurahan Poli-polia.

Di kesempatannya itu, dirinya menyampaikan tentang hikmah perjalanan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Hikmah perjalanan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, menuntut umat Islam untuk menjalankan di dunia secara seimbang, mengendalikan diri dan berjuang untuk melakukan amal ma’ruf nahi munkar, termasuk dalam melaksanakan tugas pemerintahan, pembangunan dan tugas-tugas kemasyarakatan.

Baca:   Andi Merya Mengisi Plt Bupati Koltim, "Ingatkan Saya Jika Ada Kekeliruan"

“Selain itu, peringatan Isra Mi’raj ini, memberikan motivasi untuk meningkatkan persatuan, kesatuan dan persaudaraan khususnya ukhuwah islamiyah di kalangan umat Islam. Sehingga, membulatkan tekad bersama untuk menyukseskan pembangunan di Kolaka Timur,” terangnya.

11 Maret 2021

Menghadiri Isra dan Miraj Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Baabus Salam Desa Andowengga. Kehadirannya itu turut di dampingi sang istri Diana Samsul Bahri.

10 Maret 2021

Di tanggal ini Bupati Samsul Bahri meghadiri musrenbang di Kecamatan Uluiwoi. Namun sebelum itu bupati bersama rombongan menyempatkan hadir di rumah duka seorang warga di Desa Uete dan dilanjutkan dengan pelantikan Pj Kepala Desa Uete. Musrenbang sendiri digelar di Kelurahan Sanggona.

Dikesempatan tersebut bupati Samsul Bahri menyampaikan sejumlah hal.

“Kita senantiasa arahkan pada peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan, percepatan pembangunan insfrastruktur, peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata dan pestarian lingkungan hidup dan pengembangan budaya dan tata kelola pemerintah,” beber kosong satu Koltim ini.

Diakhir sambutan, bupati selalu mengingatkan semua pihak terutama masyarakat untuk senantiasa tetap memperhatikan protokol kesehatan guna memutuskan mata rantai Covid-19.

9 Maret 2021

Menghadiri musrenbang di Kecamatan Ueesi. Di agenda ini juga bupati ikut bertandi sepak bola menantang jajaran pemerintah kecamatan dan desa. Sementara malam harinya mengikuti syukuran atau ramah tamah.

8 Maret 2021

Memimpin upacara lingkup Pemda Koltim di Tribun Pemda Desa Lalingato.

Sejumlah penekanan disampaikan beliau, di antaranya meminta kepada ASN dan non-ASN untuk disiplin waktu, disiplin berpakaian, disiplin dalam bekerja.

“Setiap aparatur baik ASN maupun non ASN, harus mengedepankan kedisiplinan yang tinggi. Kalau sudah disiplin disemua sisi, maka Insyaallah hasilnyapun akan jauh lebih baik. Kalau kerja seadanya, maka hasilnya juga seadanya,” ucapnya.

“Sekarang saatnya kita bekerja dengan baik, yang baik ditingkatkan yang belum baik untuk diperbaiki. Saya dan Bu Mery (SBM) adalah pemimpin seluruh masyarakat Kolaka Timur. Mari kita satu kata dan perbuatan untuk Kolaka Timur yang lebih baik,” tambahnya.

Baca:   TMMD di Koltim Tidak Hanya di Infrastruktur, Warga Aere Ikut Diberikan Pemahaman Bela Negara

5 Maret 2021

Melantik Pj Sekda Koltim, Andi Muh. Tongasa di Aula Kantor Bupati Koltim.

Di tanggal ini juga beliau bersama rombongan meluncurkan pelayanan keluarga berencana (KB) dengan metode kontrasepsi jangka panjang atau MKJP di Puskesmas Tirawuta.

Dalam kesempatannya Samsul mengatakan, MKJP dinyakini dapat menjaga keseimbangan laju pertumbuhan penduduk dan peningkatan kualitas penduduk. Masyarakat Koltim pun diharapkan mensukseskan program pemerintah tersebut.

“Kita bukan melarang atau mengurangi jumlah pertumbuhan penduduk, tapi kita menjaga dan menyiapkan generasi yang baik untuk di masa mendatang, biar sedikit asal berkualitas,” ucapnya.

3 Maret 2021

Bupati Koltim, Samsul Bahri bersama rombongan mendatangi lokasi terjangan angin puting beliung yang merusak 62 unit bangunan rumah warga di Desa Bou dan Lowa, Kecamatan Lambandia.

Rombongan turut memberikan bantuan sembako sebanyak 65 paket, 100 lembar seng, dan sejumlah kebutuhan mendasar lainnya.

“Pemerintah daerah akan terus memantau dan membantu penanganan bencana ini, yang tentu saja juga didukung tenaga dari TNI Polri, termasuk masyarakat mari kita gotong royong, kami juga akan segera mengkoordinasikan ke provinsi sampai pusat. Ingat, tetap berhati-hati menghadapi cuaca saat ini dan jangan terlena,” ujar bupati.

2 Maret 2021

Bupati Samsul Bahri menghadiri dan secara resmi menerima memori serah terima jabatan dari mantan Plh Bupati Koltim, Eko Santoso Budiarto di Aula Kantor Bupati.

“Dengan memori kerja ini, kami akan melanjutkan Pembangunan Kolaka Timur dengan sebaik-baiknya demi kesejahteraan bersama masyarakat yang kita cita-citakan,” jelasnya.

1 Maret 2021

Bupati Koltim Samsul Bahri memimpin Apel perdana lingkup Setda Koltim di dampingi Wakil Bupati Andi Merya Nur di halaman Kantor Bupati.

Ia pun menyampaikan sejumlah arahan dan ajakan untuk menjaga kekompakkan dan kebersamaan di lingkup pemda, meningkatkan kinerja, dan menjaga disiplin.

Baca:   Pemda Koltim Targetkan PAD 2020 lebih Rp 806 miliar, Sumbernya?

27 Februari 2021

Menghadiri peluncuran motor listrik pertama di Indonesia bagian Timur yang berlangsung di pelataran MTQ Kendari.

Di kesempatan itu, Samsul turut berkendara menggunakan motor listrik tersebut.

“Saya lihat dan saya coba tadi, motor listrik ini sangat bagus untuk kedepannya. Apalagi bahan bakarnya bukan seperti kendaraan umum lainnya melainkan bersumber dari listrik, kalau seperti kita di Koltim mungkin akan sangat cocok,” ujar politisi PDIP ini.

Samsul mengikuti upacara peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-102 yang digelar Kemendagri secara virtual di Comand Center Kantor Bupati Koltim.

Samsul Bahri juga mengikuti Rapat Koordinasi Forum OPD dan Camat di Aula Kantor Bupati.

Sejumlah hal dikatakan Samsul pada kesempatan tersebut. Misalnya, RPJM Kabupaten Koltim selama tiga bulan ke depan harus diselesaikan, sehingga sejalan dengan visi misinya bersama Andi Merya Nur saat kampanye lalu; pandemi Covid-19 harus terus tangani dengan serius, dan tidak dianggap biasa-biasa saja jangan hanya dampaknya tapi juga cara pencegahannya.

“Dan yang selanjutnya, jalan agar PU memperhatikan jalan. Karena sangat luar biasa rusaknya dan di butuhkan kreativitas berpikir dan inovasi. Lalu jalan kita yang 17 kilo meter yang sudah direncakan bisa dijadikan dua jalur,” jelasnya.

Ia juga menyinggung persoalan sektor pertanian yang harus menjadi perhatian utama.

“Para camat jaga wilayah kondisi keamanan di wilayahnya, jangan suka meninggalkan tempat tapi harus banyak di wilayahnya, sehingga masyarakat juga bisa tenang. Niat dan semangat yang kami perlukan, jangan ABS atau asal bawa senang,” tambahnya.

Untuk diketahui, pasangan Samsul Bahri-Andi Merya dilantik oleh GUbernur Sultra, Ali Mazi sebagai Bupati dan Wakil Bupati Koltim hasil Pilkada 2020 di Kota Kendari pada 26 Februari 2021. Artinya, baru 23 hari pria kelahiran Kolaka, 10 Januari 1968 ini mengisi masa jabatannya sebagai bupati.

Editor: Sarini Ido

  • Bagikan