Aktivis Kepton “Hangat” Perbincangkan PKN dan US

  • Bagikan
Umar Samiun (kanan) bersama Ketua Pimnas Partai Kebangkitan Nusantara, I Gede Pasek Suardika . Foto: IST

SULTRAKINI.COM: Pasca pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas)  l Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)  di Jakarta,  tanggal 21 – 23 Juli 2022,  memberikan dampak yang luar biasa bagi partai besutan I Gede Pasek Suardika (GPS) ini.

Rapimnas yang juga ditandai oleh kemunculan pernyataan GPS dalam sebuah klip video berdurasi 25 detik  yang menyebut-nyebut nama Umar Samiun (US) sebagai penyandang dana terbesar dalam kegiatan Rapimnas itu, mampu mengalihkan perhatian dan minat warga Sultra khususnya Kota Baubau (tempat US berdomisili, red) untuk memperbincangkan nama partai yang dideklarasikan pada tanggal 28 Oktober 2021 itu.

Sepeeti yang terlihat di salah satu sudut Kota Baubau. Dalam sebuah kedai kopi di bilangan Jalan Budi Utomo,  Kelurahan Wangkanapi, pada Selasa (26/7/2022) sore, tampak PKN yang jadi perbincangan hangat bagi para aktivis yang sering nongkrong di sana.

“Pokoknya US harga mati. Saya walaupun hari ini belum tercatat sebagai pengurus maupun anggota PKN,  untuk pilgub (Pemilihan Gubernur,  red) Umar Samiun harga mati,” seloroh Jufri Rasyid,  mantan Sekretaris DPD PAN Kota Baubau.

Pernyataan tersebut langsubg ditimpali oleh Syahrir, SE (mantan Ketua Partai Persatuan Daerah/PPD Kota Baubau) dan Ir Christopol Eddy,  M.Eng (mantan Ketua Partai Indonesia Baru/PIB Kota Baubau) secara bijak.

“itu betul Juf,  US adalah harga mati bagi kita khususnya warga Kepton (Kepulauan Buton,  red). Sekarang kita tinggal tunggu kepulangan US dari Jakarta. Apa sudah akan melakukan pergerakan-pergerakan yang terstruktur dan masif, apa belum,” timpal Syahrir.

Baca:   Wajah Perkasa Aspal Buton Di Tangan Umar Samiun

Hal serupa juga terlihat pada sebuah rumah makan masakan padang di bilangan Jalan Sultan Dayanu Ikhsanuddin Kota Baubsu. Drs. H. La Ode Hamuri, pemilik Rumah Makan Bandara yang juga tercatat sebagai Wakik Ketua Pimpinan Cabang (Pimcab) PKN Kota Baubau, di hadapan kawan-kawan diskusinya,  secara tegas dan berulang-ulang memuji ketokohan US.

“Semasa beliau (Umar Samiun/US, red) jadi Bupati Buton,  nama Buton dikenal di mana-mana,  baik di tingkat Nasional maupun Internasional. Kemampuan beliau mengelola partai apalagi. Di masa beliau jadi Ketua PAN (DPD PAN Kabupaten Buton,  red), hampir seluruh daerah di wilayah Kepton ini dikuasai dan dimenangkan oleh PAN,” ujar La Ode Hamuri yang sebelumnya pernah tercatat sebagai Wakil Ketua Partai Golkar Kota Baubau.

Umar Samiun yang coba dikonfirmasi terkait ramainya euforia menyangkut PKN dan dirinya sebagai calon Gubernur Sultra, enggan berkomentar banyak.

“Ah, biasa sajalah. Kalaupun terjadi viral nama PKN dan nama saya sebagai Cagub (calon gubernur,  red). Itu muncul dari pikiran dan hati nurani teman-teman. Terima kasih dan saya apresiasi semua. Yang jelasnya selepas Rapimnas ini,  kami langsung menyiapkan pelaksanaan Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda). Karena itu adalah amanah partai yang harus dilaksanakan,” ujar US, selaku Ketua Pimpinan Daerah (Pimda) PKN tersebut.

Baca:   Fajar Hasan Setor Berkas Pendaftaran Bakal Calon Ketua Kadin Sultra

Laporan: M Saman Taslim

  • Bagikan