Aktivitas Sesar Buton Picu Gempa di Buton Utara

  • Bagikan
Pantauan gempa di Buton Utara oleh BMKG. (Foto: BMKG)
Pantauan gempa di Buton Utara oleh BMKG. (Foto: BMKG)

SULTRAKINI.COM: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa tetonik bermagnitudo 4,0 mengguncang wilayah Buton Utara, Sulawesi Tenggara pada Senin (28/1/2019) pukul 23:07:03 Wita. Gempa terjadi di sebelah barat laut Kabupaten Butur pada kedalaman 10 kilometer.

Analisis BMKG menunjukkan, gempa terletak di koordinat 4.75 LS dan 122,91 BT, tepatnya di laut pada jarak 12.6 km arah barat laut Buranga, Kabupaten Butur dipicu aktivitas Sesar Lokal di Pulau Buton.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rosa Amelia, S.Si, menerangkan gempa tersebut merupakan gempa bumi dangkal yang dilaporkan dirasakan di daerah Kulisusu, Kabupaten Butur. Pihaknya juga melum mendapat laporan adanya kerusakan akibat gempa tersebut. Permodelan menunjukkan, gempa tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 14.00 Wita, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” jelas Rosa dalam keterangan persnya diterima Sultrakini.com, Selasa (29/1/2019) pukul 14.15 Wita.

(Baca: Sultra Diguncang Gempa 185 Kali Sepanjang 2018)

Editor: Sarini Ido

Baca:   Kebaikan Tanpa Batas
  • Bagikan