Akui Incumbent Masih Kuat, Golkar Tetap Dukung Calon Lain di Kolaka dan Konawe

  • Bagikan
Sekretaris DPD I Golkar Sulawesi Tenggara, Muhammad Basri. (Foto: Didul Interisti/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Meski mengakui calon incumbent masih kuat, tetapi DPP Partai Golkar tetap menjatuhkan pilihannya ke calon lain di pemilihan kepala daerah Kolaka dan Konawe. Hal ini dikatakan Sekretaris DPD I Golkar Sulawesi Tenggara, Muhammad Basri, kepada SultraKini.Com, Selasa (5/9/2017).

Dikatakan Basri, partainya telah memutuskan untuk pemilihan bupati Kolaka mendukung Asmani Arif yang dipasangkan dengan kadernya yakni Syahrul Beddu. Sementara untuk di Konawe, Golkar mendukung Rahmatullah yang dipasangkan dengan Alauddin. 

loker wartawan sultrakini

“Keputusannya kemarin (4/9/2017) di DPP, tapi surat rekomendasinya mungkin baru keluar beberapa hari ke depan,” terang Basri kepada SultraKini.Com melalui telepon selulernya, Selasa (5/9/2017).

Meski tak merincikan alasannya, Basri mengaku kalau Golkar tak memberikan dukungan ke calon incumbent yang masih kuat dikarenakan berbagai pertimbangan partai. “Partai juga punya berbagai macam pertimbangan ke depan,” katanya. 

Asmani sebelumnya dikabarkan telah mendapatkan surat tugas dari PKS untuk mencari partai koalisi. Dengan posisi PKS dan Golkar seperti ini yang sama-sama memiliki tiga kursi, maka sudah cukup memenuhi syarat minimal untuk dapat mengusung pasangan calon mendaftar ke KPUD. 

Untuk Konawe, Basri mengungkapkan sebelumnya memang ada nama Adi Jaya Putra yang juga berwacana tampil dan merupakan kader Golkar. Namun, partainya memutuskan untuk mendukung figur lain dengan berbagai pertimbangan.

Baca:   Defisit BPJS, Rakyat Menanggung Beban

“Namanya juga politik setiap saat bisa berubah. Yang jelas partai punya pertimbangan dan Rahmatullah sudah ada komitmen akan menjadi kader Golkar karena beliau sebelumnya seorang birokrat di Konawe Utara,” kata Basri. 

Dari sisi kecukupan kursi, Alauddin yang merupakan kader PBB sudah menutupi kekurangan Golkar yang hanya mempunyai tiga kursi. “Ditambah PBB kita sudah lebih dari syarat minimal karena kita sudah punya tujuh kursi,” terang Basri. 

Sebelumnya Golkar telah memberikan dukungan ke AS Tamrin di Pilwali Baubau. Sedangkan untuk dukungan di pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara Golkar belum menentukan sikap. 

Laporan: Didul Interisti 

Baca Juga:

AJP Incar Empat Kursi PBB Konawe

 Dukung AS Tamrin di Pilwali Baubau, Golkar Tak Usung Kader

 DPP Golkar Belum Keluarkan Rekomendasi, Ridwan Minta Disurvei

 Dukungan PKS ke Asmani Arif Belum Final

 Maju Pilkada Kolaka Asmani Sudah Daftar di 7 Parpol

loker marketing sultrakini
  • Bagikan