Ali Mazi – Lukman Abunawas Ekspos Kinerjanya Empat Tahun Pimpin Sultra, Apa Saja ?

  • Bagikan
Gubernur Sultra, Ali Mazi memaparkan capaian kinerja empat tahun masa kepemimpinannya. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Gubernur Sultra, Ali Mazi memaparkan capaian kinerja empat tahun masa kepemimpinannya. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Memasuki empat tahun masa kepemimpinannya, pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi – Lukman Abunawas (AMAN) mengekspos capaian kinerjanya melalui Biro Administrasi Pembangunan Setda Sultra selama empat tahun terakhir di hadapan masyarakat di salah satu hotel di Kendari, Senin (5 September 2022).

Ali Mazi, mengatakan, prioritas pembangunan Provinsi Sultra sejak tahun 2018 hingga 2023 yakni terwujudnya Sultra yang aman, maju, sejahtera, dan bermartabat melalui gerakan akselerasi pemerataan pembangunan wilayah daratan dan kepulauan (lautan) atau disingkat dengan istilah GARBARATA.

“Adapun implementasi GARBARATA ditopang lima pilar, yakni Sultra serdas, Sultra sehat, Sultra peduli kemiskinan, Sultra berbudaya dan beriman, serta Sultra produktif,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, bahwa implementasi program Sultra Cerdas diwujudkan dalam bantuan operasional sekolah, pengembangan budaya baca, pembinaan perpustakaan, program pendidikan menengah, program pendidikan luar biasa, pembinaan dan pemasyarakatan olahraga serta pengembangan sarana dan prasarana olahraga, dan pembangunan perpustakaan modern.

Selanjutnya, program Sultra Sehat, diwujudkan dalam pembangunan rumah sakit jantung dan pembuluh darah; peningkatan mutu dan keamanan pangan; peningkatan ketahanan pangan; perbaikan gizi keluarga; pencegahan dan pemberantasan penyakit menular; peningkatan keselamatan ibu melahirkan dan anak; upaya kesehatan perorangan; pembangunan lingkungan sehat; peningkatan sistem jaminan kesehatan; penanggulangan penyakit tidak menular dan imunisasi serta surveilans kesehatan.

“Pada program Sultra Peduli Kemiskinan diwujudkan dalam program stimulus perumahan masyarakat, peningkatan kesempatan kerja, pembedayaan fakir miskin, bantuan jaminan kesejahteraan sosial, pengembangan lembaga ekonomi pedesaan, peningkatan keberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi pedesaan,” bebernya.

Baca:   Direktur Polair Sultra Berganti

Sementara itu, pada program Sultra Beriman dan Berbudaya, diwujudkan dalam pengembangan nilai budaya, pengelolaan kekayaan budaya, pelestarian budaya, penguatan ideologi pancasila dan karakter kebangsaan, pemberantasan penyakit masyarakat dan peningkatan keamanan dan kenyamanan masyarakat.

“Sultra Produktif, wujudkan dalam program pembangunan jalan dan jembatan, pembangunan akses jalan pariwisata Kendari-Toronipa, peningkatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja, optimalisasi pengelolaan dan pemasaran produksi perikanan, pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup, perlindungan dan konservasi sumber daya alam dan pengendalian dampak perubahan iklim,” tukas Ali Mazi.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan