Aliansi Mahasiswa Sultra-Sulteng Kirim Logistik Dibanding Dana ke Lokasi Bencana

  • Bagikan
Aliansi Mahasiswa Sultra-Sulteng disela-sela penggalangan dana kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)
Aliansi Mahasiswa Sultra-Sulteng disela-sela penggalangan dana kemanusiaan untuk korban gempa dan tsunami Provinsi Sulawesi Tengah. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Bantuan dari Provinsi Sulawesi Tenggara terus mengalir untuk korban gempa dan tsunami di Provinsi Sulawesi Tengah. Kali ini datang dari Aliansi Mahasiswa Sultra-Sulteng yang mengumpulkan donasi Rp110 juta sejak 30 September sampai 4 Oktober 2018.

Namun bukan dana akan dikirim ke lokasi bencana. Mereka memilih membelanjakan dana tersebut sejumlah logistik, seperti makanan, minuman, pakaian, serta kebutuhan bayi.

loker wartawan sultrakini

Koordinator Lapangan Aksi Kemanusiaan Aliansi Mahasiswa Sultra-Sulteng, Rizky M. Budu, menerangkan uang yang telah dikumpulkan akan dibelanjakan bahan pokok makanan dan minuman mengigat informasi yang didapatkan saat ini korban gempa dan tsunami sangat kekurangan dan membutuhkan air bersih.

“Target kami mengirimkan 500 dos air bersih untuk korban gempa dan tsunami di Palu, Sigi, dan Donggala. Kami akan mempersiapkan susu bayi, makanan bayi, dan popok mengigat mereka adalah generasi yang harus kita perhatikan. Jangan sampai mereka harus kehilangan nyawa hanya karena persoalan makanan. Luka hati kami jika itu sampai terjadi,” ujar Rizky pada SultraKini.Com, Kamis (4/10/2018).

Gelombang pertama distribusi bantuan rencananya pada 5 Oktober. Pihaknya juga telah mengkoordinasikannya bersama aparat keamanan untuk kelancaran pendistribusian.

Sejumlah relawan juga akan diberangkatkan ke lokasi bencana, mengigat proses evakuasi korban masih berjalan dan membutuhkan bantuan banyak pihak.

Baca:   Begini Kondisi Cuaca Sultra di Akhir 2016 dan Awal Tahun 2017

“Dengan dasar itu kami harus turun langsung ke sana. Kami sebagai penduduk atau orang Sulteng asli asal Morowali durhaka,” ucap salah seorang mahasiswa Universitas Halu Oleo asal Morowali. Dia jugamerupakan koorsinator utama penggalangan dana kemanusiaan.

Sumber bantuan didapatkan Aliansi Mahasiswa Sultra-Sulteng berasal dari penggalangan dana di sejumlah jalur lalu lintas di Kota Kendari. Misalnya, perempatan eks MTQ Kendari dan Perempatan Wuawua mulai pagi hingga malam hari.

Mereka juga menerima bantuan logistik dari internal dan eksternal kampus. Hingga Kamis (4/10), logistik terkumpul 60 karung pakaian, mie instan, popok bayi, susu bayi, dan lainnya.

Meski bantuan siap dikirim, mereka tetap membuka ruang bagi siapa saja yang ingin menyalurkan bantuannya. Salah satunya lewat rekening atas nama Asriani nomor rekening 5206-0101-6191-53-1.

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

loker marketing sultrakini
  • Bagikan