Alkes RSUD Tipe D Kota Kendari Disimpan di Gudang Milik Rekanan

  • Bagikan
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, Rahminingrum, (Foto: Rahman Kastawi/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Fasilitas alat-alat kesehatan (Alkes) yang akan digunakan di RSUD Tipe D Kota Kendari, di Kecamatan Puuwatu saat ini sudah ada dan di gudangkan oleh rekanan atau penyedia jasa.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari, drg. Rahminingrum P, M.Kes, mengatakan bahwa alkes RSUD Tipe D sudah ada, disimpan di gudang yang rekanan (penyedia) siapkan.

loker wartawan sultrakini

“Namun saya tidak bisa sampaikan semuanya (gudangnya,red), untuk kebaikan kita bersama,” katanya usai menghadiri rapat terkait Alkes RSUD Tipe D, Selasa (25 Oktober 2022).

Meski di gudangkan, Rahmi mengungkapkan, untuk menjaga keamanan alkes tersebut pihak pemerintah kota bersama dengan rekanan penyedia telah menyepakati bersama dan dituangkan dalam surat pernyataan yang bermaterai, untuk menjaga alat-alat tersebut.

“Rekanan punya kewajiban memindahkan dari gudang ke rumah sakit. Nah di rumah sakit, rekanan juga punya kewajiban memasang di masing-masing ruangan kalau sudah jadi. Setelah di pasang di uji fungsi dan mentrainer petugasnya,” ungkapnya.

“Jadi saat uji fungsi dan trainer nanti, kalau alatnya tidak bisa dipakai atau difungsikan-rusak bukan tanggungjawab kita, tanggungan penyedia. Jaminanya surat pernyataan itu,” sambungnya.

Rahmi masih enggan untuk menyebutkan jumlah dan jenis alat-alat kesehatan yang sudah disediakan untuk RSUD Tipe D, tapi diperkirakannya ada sekitar 100-an alat.

Baca:   Sales Rokok Djarum di Kendari Tewas Misterius di Kamar Mandi

“Alkes itu ada ratusan itemnya, salah satunya itu ada lampu operasi,” tuturnya.

Data yang dihimpun media ini, gedung RSUD Tipe D yang menelan anggaran sekira Rp146 miliar dari dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) di Jalan Chairil Anwar, Kecamatan Puuwatu, saat ini masih proses tahap pembangunan.

Rumah sakit tersebut dibangun dua lantai, luas gedung mencapai 6.900 meter persegi dengan fasilitas 67 kamar rawat inap pasien serta dilengkapi peralatan medis modern.

Beberapa fasilitas RSUD Tipe D yang akan dibangun adalah, ruangan rawat jalan; unit gawat darurat (UGD); rawat Inap; perawatan ICU; ruang kebidanan dan penyakit kandungan; ruang poli; tindakan bedah dan operasi; ruang farmasi; ruang radiologi; ruang sterilisasi; laboratorium klinik; dan ruang rehabilitasi medik.

Dalam penyediaan alat-alat kesehatan tersebut, Pemkot Kendari melalui dana pinjaman telah menggelorakan anggaran senilai 5,8 miliar. Beberapa alat kesehatan juga didatangkan dari luar negeri.

Beberapa alkes yang diadakan dari dalam negeri diantaranya perlengkapan di Poliklinik (Poli), Poli Gigi dan lain sebagainya. Sementara alkes yang diimpor dari luar negeri, yakni meja operasi, lampu operasi dan lain sebagainya. (B)

Laporan: Rahman Kastawi dan Ristawati
Editor: Hasrul Tamrin

loker marketing sultrakini
  • Bagikan