Anak Hilang bisa Lacak Pakai Fitur Instagram?

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Rohiyani/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Instagram merilis fitur baru yang dapat mengirimkan peringatan terkait kasus penculikan anak bernama Amber Alerts.

Sebelumnya Meta menghadirkan fitur tersebut pada 2015 untuk membantu penggunanya dalam menemukan anak-anak yang hilang di wilayah mereka.

Amber Alerts ini merupakan sebuah fitur yang dapat mengirimkan sinyal adanya ancaman jika terjadi kasus penculikan anak melalui perangkat telepon. Caranya, fitur ini akan menimbulkan suara sangat keras dan juga mengirimkan tanda pengumuman pop up dengan sejumlah detailnya.

Fitur ini nantinya menampilkan notifikasi di feed pengguna Instagram mengenai kasus anak hilang di wilayah sekitar.

Dalam fitur Amber Alerts menyediakan informasi, berupa foto, penjelasan, serta keberadaan lokasi terakhir, dan lain-lain.

Jika pengguna menemukan anak hilang, fitur tersebut akan menyediakan tombol khusus yang dapat melaporkan kasus yang diterima. Tidak hanya itu, pengguna bisa menyebarkan informasi kepada pengguna lain lewat Instagram.

Meta sendiri melakukan kerja sama dengan National Center for Missing&Exploited Children (NCMEC), serta sejumlah organisasi lainnya di berbagai belahan dunia agar menghadirkan Amber Alerts ke Instagram.

“Instagram adalah platform yang berbasis pada kekuatan foto, sehingga sangat cocok untuk program Amber Alert,” kata President dan CEO NCMEC, Michelle DeLaune dikutip dari Android Central, Kamis (2 Juni 2022).

Baca:   KPID Sultra: Media Penyiaran Wajib Jaga Netralitas dan Akurat Pemberitaan di Tengah Pilkada

Michelle juga mengatakan, foto merupakan barang penting dalam pencarian anak hilang. Dengan menggunakan Instagram, jangkauan untuk menyebarkan informasi tersebut bisa tersampaikan ke banyak orang.

Sejak kemunculannya pada 2015 di Facebook, Amber Alerts diklaim membantu penggunanya dalam menemukan ratusan anak hilang.

Dengan menggunakan alamat IP pengguna, kota yang ada di profil, serta layanan lokasi perangkat (bila diaktifkan), maka fitur Amber Alerts akan memberikan  
notifikasi tersebut.

Fitur tersebut direncanakan hadir di ponsel Android dan iOS, serta segera diluncurkan ke 25 negara di beberapa minggu ke depan. (C)

Laporan: Rohiyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan