Angka Penularan Covid-19 di Mubar Menurun Drastis

  • Bagikan
Juru bicara Covid-19 Mubar, Almawin. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)
Juru bicara Covid-19 Mubar, Almawin. (Foto: Hasan Jufri/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: MUBAR – Angka penularan wabah pandemi Covid-19 di Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara, terus mengalami tren penurunan.

Sampai saat ini, dari 149 orang yang dinyatakan positif Covid-19, kini tinggal 3 orang, satu isolasi mandiri di rumah, duanya menjalani perawatan di RSUD Muna.

Meskipun begitu, wilayah Muna Barat masih dalam kategori level 3 penularan Covid-19.

Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Mubar, Almawin Susen mengatakan, kepastian turunnya status level ini masih menunggu evaluasi dari Kemendagri.

“Turunnya kasus Covid-19 di Mubar berkat kerja keras seluruh elemen masyarakat, antara lain seluruh kepala desa dan tenaga medis, serta Satgas Covid-19 di semua tingkatan,” ujarnya, Jumat (3 September 2021).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Dia merinci, kasus Covid-19 di Mubar per 26 Agustus 2021 total pasien positif Covid-19 sebanyak 146 orang dan total sembuh 128 orang. Sedang pasien isolasi mandiri 5 orang, dirawat di RSUD Raha 4 orang dan yang meninggal dunia 9 orang.

Sementara, data perkembangan kasus Covid-19 per 2 September ini, total positif Covid-19 149 orang, total sembuh 137 orang, meninggal dunia 9 orang. Kemudian, yang sementara melakukan isolasi mandiri 1 orang, dan dua orang masih dalam perawatan di RSUD Raha.

Baca:   Dorong Pemulihan Ekonomi, OJK Sultra Gelar Vaksinasi

“Kasus penularan Covid-19 menurun drastis. Namun kita masih dalam kategori level 3. Untuk dapat turun status dari level 3 ke level 2 atau 1, kita masih menunggu instruksi Kemendagri setelah perpanjangan PPKM sampai 6 September ini. Kalau sudah berakhir, Insya Allah kita berharap Mubar akan turun level,” ungkapnya.

Almawin berharap, dengan semakin menurunnya kasus positif Covid-19 di Mubar, masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat utamanya 5M.

“Meski angka kasus Covid-19 kita menurun, kita jangan berpuas diri. Sebab jangan sampai lengah karena penularan Covid-19 masih terjadi,” tutupnya. (C)

Laporan: Hasan Jufri
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan