Bagaimana Cara Mencari Siaran TV Digital Lebih Maksimal?

  • Bagikan
Ilustrasi. (Dok: Sultrakini.com)

SULTRAKINI.COM: Peralihan siaran tv analog ke siaran TV digital atau Analog Switch Off (ASO) berlangsung sejak 30 April 2022 dan direncanakan tuntas paling lambat pada 2 November 2022. Lalu bagaimana melacak siaran tv digital?

Migrasi ke tv digital tidak mengharuskan masyarakat mengganti televisi yang digunakan selama ini. Jika tidak dilengkapi dengan DVBT 2 atau televisi tidak didukung siaran tv digital cukup menambahkan Set Top Box (STB) sebagai alat bantu penerima siaran.

STB merupakan perangkat penerima siaran tv digital yang dapat dikoneksikan ke pesawat televisi tanpa harus membeli televisi baru.

Staf Khusus Kemkominfo, Rosarita Niken Widiastuti, mengatakan setiap daerah akan berbeda-beda sesuai dengan titik mix di masing-masing daerah.

“Biasanya laporan dari berbagai daerah, mereka hanya bisa menyaksikan enam chanel tv (siaran tv Analog), setelah beralih ke tv digital mereka bisa nonton lebih dari 20 kanal tv,” ucapnya, Sabtu (18 Juni 2022).

Adapun cara mencari siaran tv digital lebih maksimal, yaitu pertama-tama pastikan di suatu daerah terdapat siaran televisi digital dengan memanfaatkan aplikasi siaran tv digital untuk memastikan letak geografis dan tangkapan siaran digitalnya.

Pada aplikasi ini, ada berbagai pemetaan dari zona berdasarkan warna yang menentukan kekuatan sinyal berdasarkan tempat tinggal, mulai dari warna merah, orange, kuning, dan hijau.

Baca:   Titiek Soeharto: Posyandu Garda Terdepan Cegah Penyakit

Pada zona merah tandanya di daerah tersebut mendapatkan sinyal digital yang kuat sehingga otomatis bisa menggunakan sembarang antena, seperti model antena biasa atau antena digital. Bahkan antena bisa dimasukkan di dalam rumah sehingga terbebas dari gangguan petir.

“Warna orange juga bisa memakai berbagai macam antena, tapi saya sarankan memakai antena di luar. Zona kuning di mana sinyalnya cukup lemah, kita harus membeli antena yang cukup tinggi atau bisa digunakan dengan booster penguat sinyal siaran tv digital supaya sinyal yang didapatkan lebih maksimal,” jelas Armadiyanto, konten kreator saat menyampaikan materinya pada Bimtek Penggunaan Penerapan Perangkat tv digital dan STB dalam menghadapi pelaksanaan ASO.

Dengan mengetahui kekuatan sinyal di masing-masing daerah berdasarkan letak geografis yang dapat dilihat pada aplikasi digital, diharapkan masyarakat mengetahui hal-hal yang perlu dilakukan agar menangkap siaran tv digital lebih maksimal, sehingga menghasilkan tampilan dan suara jernih. (C)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan