Bahaya! Berikut Barang Yang Tidak Boleh Digunakan Secara Bersama-sama

  • Bagikan
Ilustrasi.( Foto: Wa Ode Ria Ika Hasana/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: Bakteri selalu ada di permukaan kulit tubuh manusia. Walaupun tidak semua bakteri berbahaya, tetapi bisa menyebabkan infeksi. Selain pada tubuh, bakteri juga bisa menempel pada benda-benda yang sering kita gunakan.

Untuk itulah tidak semua benda yang kita gunakan baik dipakai juga oleh teman kita atau orang terdekat. Misalnya, saling pinjam barang pribadi atau menggunakan barang pribadi secara bersama-sama.

Ternyata menggunakan barang pribadi secara bersama-sama berpotensi ikut menularkan penyakit. Apakah karena menyentuh kulit atau orang yang menggunakan barang kita memiliki penyakit menular.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut ini daftar barang pribadi yang tidak boleh digunakan bersama orang lain:

  1. Handuk

Tingkat kelembapan yang tinggi pada handuk membuat kuman dapat berkembang biak dengan baik, sehingga tidak boleh dipakai bergantian dengan orang lain. Handuk yang dipakai lebih dari satu orang dapat meningkatkan risiko pertukaran kuman.

  1. Pemotong kuku

Pemotong kuku tidak bisa digunakan bersama orang lain karena kuku menjadi tempat berkembang biak virus, bakteri, dan jamur dalam jumlah besar. Jika pemotong kuku anda dipakai orang lain, Anda bisa tertular penyakit jamur dan Human Papilloma Virus (HPV).

  1. Alat make up

Alat make up merupakan barang pribadi yang ternyata tidak bisa digunakan secara bersama-sama karena pada alat make up terdapat kuman dan bakteri yang gampang menyebar. Alat make up, seperti kuas, spons bedak, lipstik, dan maskara bisa menjadi tempat penularan penyakit kulit hingga infeksi pada mata.

Baca:   Peringati HKN ke-55, Dinkes Buton Ajak Masyarakat Hidup Sehat Melalui Lomba

Untuk menghindari penularan penyakit sebaiknya alat make up yang kita gunakan harus selalu dibersihkan.

  1. Sisir

Kurap dikulit kepala dan kutu rambut merupakan penyakit yang sering dialami anak-anak hingga orang dewasa. Penyakit ini dapat dengan cepat menular malalui sisir rambut yang digunakan secara bersama. Ada baiknya tidak menggunakan secara bersama-sama.

  1. Earphone

Infeksi saluran telinga biasanya disebabkan oleh penggunaan earphone yang tidak bersih dan digunakan secara bergantian dengan orang lain. Infeksi pada saluran telinga yang tidak segera ditangani dapat menyebar dan mengakibatkan sakit telinga.

  1. Alat mandi

Alat mandi yang kita gunakan seperti sabun batang dan sikat gigi sebaiknya tidak digunakan secara bersama karena dapat menyebabkan penyebaran kuman dan virus . Sabun batang dapat menyebarkan bakteri dari kulit dan cairan tubuh sedangkan sikat gigi dapat menularkan virus seperti HIV, hepatitis B, dan hepatitis C.

Usahakan untuk tidak bertukar barang pribadi yang melibatkan kontak langsung dengan kulit dan mukosa (seperti mulut dan mata). Jika sudah terlanjur meminjamkan barang sebaiknya cuci bersih barang yang bisa dibersihkan atau ganti dengan barang baru. (B)

Laporan: Wa Ode Ria Ika Hasana
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan