Banjir Konut, Ruksamin Evakuasi Warga Sakit Gunakan Helikopter

  • Bagikan
Bupati Konut, Ruksamin saat mengevakuasi warga dari Desa Kota Maju menggunakan helikopter. (Foto: Herman Hamka).
Bupati Konut, Ruksamin saat mengevakuasi warga dari Desa Kota Maju menggunakan helikopter. (Foto: Herman Hamka).

SULTRAKINI.COM: KONAWE UTARA – Banjir bandang yang melanda Kabupaten Konawe Utara membuat empat kecamatan, yakni Kecamatan Oheo, Langgikima, Landawe dan Kecamatan Wiwirano terisolir. Akibatnya Pemda Konut harus menyalurkan bantuan dan mengevakuasi warga sakit menggunakan helikopter milik BNPB RI.

Pantauan SultraKini.Com selama sepekan penyaluran logistik, Bupati Konut, Ruksamin bersama Wakil Bupati Konut, Raup, langsung ke lokasi banjir untuk mengevakuasi warga yang sakit menggunakan helikopter.

Ruksamin mengangkat dua warga yang sedang sakit dari Desa Tambakua Kecamatan Landawe dan dari Desa Kota Maju Kecamatan Oheo. Ia juga turut membantu penyaluran bantuan logistik dengan mengangkat karung beras.

Selain itu, Pemda Konut juga mulai menyalurkan bantuan melalui akses laut yang sebelumnya tidak bisa, karena ombak dan arus yang sangat deras.

Pemda Konut terus berupaya menyalurkan bantuan dari berbagai kalangan, diantaranya Rp 15,5 miliar dari Kementerian Pertanian, Rp 500 juta dari BNPB RI dan Rp 1,5 miliar dari Kementrian Sosial.

Tindakan Bupati Konut tersebut, banyak mendapat apresiasi dari netizen, dan bahkan foto-foto dan video orang nomor satu di Konut itu saat melakukan evakuasi warga viral di media sosial (medsos).

“Luar biasa jerih payah dan perhatiannya pak bupati dan wakil bupati untuk masyarakat Konut. Patut kita apresiasi, apalagi yang kurang kalau sudah begini,” tulis Didin T di grup WhatsApp, Sabtu (15/6/2019).

Selain apresiasi dari netizen dan warga. Pemda Konut dibawah kepemimpinan Ruksamin-Raup juga diapresiasi oleh Kepala BNPB RI Doni Monardo, atas sikap tanggap Pemda sehingga bencana banjir tersebut tidak memakan korban jiwa.

Baca:   Pasca Banjir, Warga Lorong Mekar Kesulitan Logistik

Langkah tanggap Pemda Konut itu juga, diapresiasi oleh Ketua Komisi C DPRD Konut, Samir. Dirinya menilai sangat luar biasa apa yang telah dilakukan oleh Ruksamin-Raup.

“Hari ini tidak usah kita saling menyalahkan banjir salah siapa. Tapi kita butuh kerja nyata untuk membantu warga yang terkena musibah, dan apa yang telah dilakukan oleh pak bupati itu sangat luar biasa,” kata Samir, Sabtu (15/6/2019).

Kata Samir, kondisi cuaca yang tidak memungkinkan, Bupati Konut mempertaruhkan nyawanya untuk tetap menyalurkan logistik dan mengevakuasi warga yang berada di wilayah terisolir.

Sementara itu, Bupati Konawe Utara, Ruksamin, mengucapkan syukur dan terima kasih atas bantuan dari berbagai kalangan.

“Evakuasi warga yang sedang sakit menggunakan helikopter, terima kasih ya Allah atas segala fasilitas yang telah dimudahkan, sehingga kami diberikan kesempatan untuk mengevakuasi keluarga kami yang terisolir,” tulis Ruksamin di akun WhatsApp, Jumat (14/06/2019).

Laporan: Arifin Lapotende
Editor: Habiruddin Daeng

  • Bagikan