Bantuan Paket Sembako BI Sultra Utamakan Wilayah Terdampak Covid-19 Tertinggi dan Isoman

  • Bagikan
Kepala KPwBI Sultra, Bimo Epyato menyerahkan bantuan paket sembako dan masker kepada Ketua Harian Satgas Covid-19 Sultra, Nur Endang Abbas (tengah) (Foto: Dok. BI Sultra)
Kepala KPwBI Sultra, Bimo Epyato menyerahkan bantuan paket sembako dan masker kepada Ketua Harian Satgas Covid-19 Sultra, Nur Endang Abbas (tengah) (Foto: Dok. BI Sultra)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan bantuan kepada masyarakat Sultra yang berada di wilayah khusus kabupaten/kota yang memiliki dampak lebih besar akibat pandemi Covid-19. 

Pemberian bantuan diserahkan langsung melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sulawesi Tenggara dan Kota Kendari, Selasa (3 Agustus 2021). 

Penyerahan secara simbolis bantuan dilakukan langsung oleh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Tenggara, Bimo Epyanto, yang diterima langsung oleh Dr. Hj. Nur Endang Abbas, sebagai ketua harian Satgas Covid-19 Sulawesi Tenggara dan H. Sulkarnain Kadir, sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kota Kendari. 

Batuan diperuntukkan BI terutama kepada masyarakat yang memiliki pekerjaan disektor informal yang terkena dampak langsung terhadap pandemi Covid-19, juga direncanakan akan disalurkan kepada masyarakat yang sedang isolasi mandiri.

Adapun bantuan yang disalurkan Bank Indonesia yaitu berupa paket sembako dan masker. Hal ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat yang terdampak Covid-19 dan sebagai upaya meringankan beban masyarakat.

Dalam penanganan dampak Covid-19 kepada masyarakat, Bank Indonesia sebelumnya juga telah menyalurkan paket sembako melalui lembaga sosial yang berada di Kolaka Utara, Bombana, dan Konawe Utara. 

Selain itu, bantuan berupa paket sembako dan sarana/prasarana penunjang kesehatan juga telah diberikan kepada beberapa pondok pesantren yang terletak di Kota Kendari, Kabupaten Konawe, Kabupaten Kolaka Timur, dan Kabupaten Buton Tengah.

Baca:   BI Sultra Dorong Perbankan di Kendari Terapkan GPN

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

Kepala KPwBI Sultra, Bimo Epyanto mengharapkan bahwa bantuan yang diberikan dapat terus mendorong dan meningkatkan semangat masyarakat maupun lembaga/instansi yang berada di Sultra untuk dapat secara bersama-sama turut andil/berperan dalam meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid-19. 

“Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk melewati pandemi ini,” ujar Bimo Epyanto, Selasa (3/8/2021)

Bimo juga mengajak masyarakat untuk senantiasa menerapkan protokol kesehatan dengan memberlakukan 6M, yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, membatasi mobilitas, dan menghindari makan bersama, serta menggunakan pembayaran nontunai/QR Code Indonesian Standard (QRIS).

“Kedepan, kita akan terus bersinergi dengan Pemerintah daerah dan Stakeholder terkait dalam penanganan Covid-19 termasuk program perluasan vaksinasi,” katanya. 

Ia juga menegaskan agar perluasan vaksinasi dilakukan, melalui program edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat melalui vaksin serta melakukan program vaksinasi bersama Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Forum Industri Jasa Keuangan (FIJK) dengan target nasional mencapai 10 juta dosis vaksin. 

“Akselerasi vaksinasi tersebut diharapkan dapat menjadi game changer dalam penanganan Covid-19 sehingga kesehatan dan perekonomian dapat segera pulih di periode mendatang,” tuturnya. (C)

Laporan: Wa Rifin
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan