Baru dapat 3 Siaran TV Digital, Kominfo Baubau Berharap Lebih

  • Bagikan
La Ode Darussalam (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)
La Ode Darussalam (Foto: Aisyah Welina/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: BAUBAU – Kota Baubau yang merupakan salah satu Kota Madya di Sulawesi Tenggara rupanya baru dapat menangkap 3 siaran TV digital yang dapat dinikmati oleh masyarakat Kota Baubau.

Pemerintah dalam hal ini Kemkominfo RI menggandeng perusahaan penyelenggara siaran televisi saat ini sedang membangun infrastruktur untuk mendukung program analog switch off (ASO) yaitu pengalihan siaran analog ke siaran digital secara berkala di beberapa daerah di Indonesia yang dijadwalkan paling lambat pada 2 November 2022.

Dengan adanya pembangunan infrastruktur untuk persiapan ASO tahap II dan tahap III, Pemerintah Kota Baubau melalui Dinas Kominfo berharap masyarakat Kota Baubau dapat mengakses lebih banyak lagi siaran digital.

“Ternyata di Baubau untuk saat ini untuk TV digital hanya bisa menangkap siaran dari TVRI saja. Harapannya, kedepan Kota Baubau juga bisa seperti kota lain. Masyarakat bisa langsung menerima semua siaran lainnya,” kata Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau, La Ode Darussalam, Senin (4 Juli 2022).

Darussalam mengatakan dengan adanya siaran digital di Kota Baubau, masyarakat bisa menikmati siaran televisi secara gratis sebagaimana menerima siaran radio karena TV digital ini free to air yang dapat diakses secara gratis. 

“Mudah-mudahan Baubau bisa seperti itu, artinya kalau tahun ini belum, mungkin di tahun-tahun berikutnya menjadi harapan baru,” tuturnya.

Pada program ASO ini, Darussalam berharap pemerintah juga bisa memberikan bantuan berupa set top box (STB) kepada masyarakat Baubau sebagai perangkat penerima siaran TV digital kepada rumah tangga miskin.

Baca:   Segera Beli Set Top Box Sebelum Pemerintah Hentikan Siaran TV Analog Secara Permanen

“Untuk itu, saat ini kami akan berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kota Baubau untuk mendata masyarakat yang layak untuk menerima bantuan itu,” ucapnya.

Berdasarkan data pada aplikasi sinyal TV digital di Kota Baubau terdapat 3 siaran, yaitu TVRI Nasional, TVRI World, dan TVRI Sport HD. Sementara di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara terdapat 17 siaran TV Digital yang dapat dinikmati oleh masyarakat, diantaranya TVRI Nasional, TVRI Sulawesi Tenggara, TVRI World, TVRI Sport HD, Net TV, RTV, SCTV, Indosiar, Chanel TV, Mentari TV, Kompas TV, RCTI, MNC TV, GTV, iNews, dan Metro TV. (B)

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan