Beasiswa Cerdas Wawoniiku Terselip Penerima dari Wilayah Lain?

  • Bagikan
Ilustrasi. (Foto: Google)

SULTRAKINI.COM: KONAWE KEPULAUAN – Verifikasi data penerima beasiswa cerdas wawoniiku yang dilakukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Konawe Kepulauan (Dikbud Konkep), nampaknya tidak begitu efektif. Sebab diduga dalam daftar penerima terdapat guru yang berasal dari Kabupaten Konawe Selatan akan menerima beasiswa khusus wilayah setempat itu.

‌Berdasarkan hasil verifikasi data penerima beasiswa cerdas wawoniiku, Nnama Minarni yang berada di nomor urut 529 berkelahiran Lepolepo, 28 Oktober 1980 merupakan guru Bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Konawe Selatan.

Dikatakan oleh salah seorang sumber yang enggan disebut namanya mengaku berdasarkan data pokok pendidikan (Dapodik) dari sekolah, data Minarni yang tercatat namanya sebagai penerima beasiswa di Konkep sama dengan data tanggal kelahiran, tahun kelahiran dan alamat kelahirannya dengan Minarni guru Bahasa Inggris di sekolah asal Konawe Selatan.

‌‌”Memang banyak yang sama nama, tapi menurut saya tidak akan secara kebetulan sama nama tempat tanggal lahir dan cuman alamat tempat tinggalnya saja yang agak berbeda, yakni Wawonii Selatan tapi itukan gampang dipalsukan,” kata dia, Selasa (11/7/2017).

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

‌‌Ditambahkannya, perlu ada penegasan lebih ketat terkait dengan data penerima beasiswa cerdas wawoniiku. “Saya pernah di telpon sama Minarni bahwa dia akan ke Wawonii, tapi hanya sehari kata dia, seandainya anak Wawonii yang dapat saya mungkin tidak akan komplain. Tapi yang masalahnya masih banyak anak mahasiswa Wawonii yang tidak dapat. Keluarganya tidak ada yang berasal dari Wawonii,” lanjutnya.

Baca:   313 Mahasiswa Unsultra Diwisuda

‌Berdasarkan peraturan Bupati Konawe Kepulauan tentang kriteria calon penerima beasiswa cerdas wawoniiku maksimal berusia dua puluh enam (26) tahun per Februari 2017.

(Baca juga: Program Cerdas Wawoniiku Resmi Dilaunching di Hari Pahlawan)

Laporan: Aldi Dermawan

  • Bagikan