Belajar Bahasa Sesuai Kebutuhan

  • Bagikan

Oleh Ayu Astriani, S.Pd., M.Pd (Guru Bahasa Inggris MAN 1 Kendari dan Penulis)

SULTRAKINI.COM: Pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa internasional, Tidak dapat dibantah bahwa bahasa inggris merupakan salah satu bahasa yang penting. Sejak dahulu Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa yang digunakan oleh banyak negara atau sebagai bahasa internasional. Negara-negara di dunia menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar hubungan diplomasi, penyajian hasil penelitian serta komunikasi dalam hubungan perdagangan yang mampu berimbas pada kebijakan ekonomi, sosial dan budaya dari negara-negara tersebut.

Saat ini negara-negara dengan perkembangan dan kemajuan terbaik mampu mempengaruhi kebutuhan pembelajaran bahasa di negara-negara berkembang. Penelitian di negara-negara seperti amerika, china, jepang, jerman, inggris, dan beberapa negara eropa sangatlah andal dan intens sehingga mampu dijadikan rujukan bagi negara lain. Dengan adanya bahasa internasional, perkembangan-perkembangan ini mampu di ikuti oleh negara lain meskipun tidak semuanya cocok dan bernilai postif bagi negara lain. Namun tidak bisa di pungkiri, jika negara kita belum memiliki perkembangan yang sama, kita tetap membutuhkan referensi dari negara lain olehnya itu kita sebaiknya memiliki hubungan diplomasi yang baik dengan lancarnya komunikasi dan minimnya miskomunikasi.

Sekolah-sekolah di Indonesia sejak dulu tidak hanya memasukkan bahasa inggris dalam kurikulum pembelajaran. Bahasa inggris merupakan mata pelajaran wajib dan ada tambahan bahasa lain sesuai kebutuhan dan kebijakan sekolah. Banyak sekolah yang menambahkan bahasa arab, mandarin, jepang, jerman, bahkan spanyol. Penambahan mata pelajaran bahasa ini disesuaikan dengan pemenuhan harapan  masa depan negara untuk merawat hubungan diplomasi dan memperluas wilayah penggalian potensi anak-anak bangsa di negara lain.

Olehnya itu, penjaringan minat dan bakat dibutuhkan sejak dini dan mesti dilakukan secara kontinu dalam upaya menentukan kebutuhan bahasa yang sebaiknya dimiliki anak. dan sebaiknya kita tidak menyepeleka aspek bahasa sebab aspek ini merupakan aspek penting untuk menunjang komunikasi terutama dalam pekerjaan yang akan digeluti oleh anak. Dengan penguasaan bahasa asing yang baik, diharapkan akan tercipta kemampuan komunikasi yang baik pula sehingga membawa dampak positif terhadap anak dan juga perkembangan negara.

Materi dan latihan pada penjurusan atau peminatan seringkali di samakan padahal kebutuhan kedepan mereka berbeda. Anak seringkali tidak mendapatkan kemampuan bahasa sesuai dengan penjurusannya ketika melanjutkan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Alhasil anak biasanya memulai dari awal dan waktunya terbagi lagi ke pembelajaran bahasa yang semestinya sudah terbekali semasa sekolah menengah.

Kemampuan bahasa yang sebaiknya dimiliki anak untuk menunjang masa depannya.

Ada berbagai kemungkinan kebutuhan bahasa untuk seorang anak, namun saya akan memaparkan dua poin yang menurut saya krusial atau penting.

Yang pertama untuk komunikasi dasar atau interaksi sehari-hari. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemampuan berbahasa asing untuk kebutuhan sehari-hari merupakan hal mendasar yang sebaiknya dimiliki oleh anak. Bahasa asing dibutuhkan untuk memperluas relasi dan kesempatan mendapatkan informasi lebih banyak.

Yang ke dua adalah untuk bidang yang akan mereka dalami kedepannya. Ketika minat dan bakat anak telah di temukan, anak sebaiknya mulai mendalami bahasa dalam bidang tersebut. hal ni tentunya akan memudahkan anak ketika berada di jenjang yang lebih tinggi sehinggah bisa terfokus kepada bidang ilmu yang sedang dia tempuh saat nanti. Mereka akan lebih mudah mebaca jurnal-jurnal hasil penelitian yang disajikan dalam bahasa asing atau bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Pada dasarnya, yang akan mereka peroleh adalah kemudahan dan keefektifan dalam belajar.

Jika anak belum mendapatkan pengetahuan bahasa internasional yang memadai, ketika di jenjang perguruan tinggi akan mengalami kendala dalam memahami isi buku dan jurnal dalam bahasa inggris sehingga proses penyerapan informasi menjadi lambat berakibat pada kurangnya pengetahuan dalam bidang yang didalami. Seperti yang kita tahu bahwa memiliki pengetahuan luas merupakan salah satu aspek penting dalam dunia kerja.

Maka dari itu perlu ditekankan pentingnya belajar bahasa asing sesuai kebutuhan apalagi bahasa inggris karena bahasa ini masih menjadi bahasa internasional utama dalam hubungan antar negara dan penyajian ilmu pengetahuan serta hasil penelitian.***

  • Bagikan