Bendungan Mini di Koltim Capai 83 Persen, Dandim 1412 Kolaka: Progresnya Lebih Cepat dari Target

  • Bagikan
Bendungan mini program TMMD ke-111 di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim. (Foto: Dok. Kodim 1412 Kolaka)

SULTRAKINI.COM: Progres pembangunan embung yang ditingkatkan kualitasnya menjadi bendungan mini kini mencapai 83 persen, Sabtu (3/7/2021). Ditargetkan program fisik Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 1412 Kolaka ini rampung pekan depan.

Pengerjaan bendungan mini pada Sabtu ini, yakni melanjutkan pemelesteran lantai penampung dan melanjutkan pemelesteran saluran irigasi.

Bendungan mini program TMMD ke-111 di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Kabupaten Koltim. (Foto: Dok. Kodim 1412 Kolaka)

Dandim 1412 Kolaka, Risa WP.Setyawan, menerangkan bendungan berukuran 6×23 meter tersebut akan mengaliri hingga tiga desa, yaitu Desa Pekorea, Rubia, dan Desa Aere. Bahkan progres pembangunannya lebih cepat dari target awal yang diperkirakan tuntas pada 13 Juli mendatang. Hal itu berkat gotong royong personel TMMD bersama masyarakat setempat.

Klik gambar diatas untuk melihat jadwal tes

“Secara progres mungkin bisa dibilang akan selesai lebih cepat dari jadwal yang ditentukan tanggal 13 (Juli 2021). Bahkan saya mendapatkan laporan rencana kalau bukan Selasa, Senin sudah selesai (5 Juli), nanti saya cek,” ucapnya, Sabtu (3/7/2021).

Bendungan mini dibangun di Desa Pekorea, Kecamatan Aere, Kabupaten Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara. Proyek ini salah satu item pokok program TMMD ke-111, selain pembangunan gereja di Desa Rubia dan renovasi masjid di Desa Aere.

Peningkatan kualitas embung ke bendungan mini ini ikut menambah kapasitas jangkauan pengairan dari hanya 70 hektare menjadi 200 hektare.

Baca:   Pemda Anggarkan 1,4 Miliar untuk Kegiatan TMMD ke -106 di Batauga

Laporan: Sarini Ido
Editor: Hasrul Tamrin

  • Bagikan