Berikut Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

  • Bagikan
Ilustrasi. (Antarafoto)

SULTRAKINI.COM: Menjaga kesehatan tidak hanya berlaku bagi tubuh saja, melainkan seluruh anggota tubuh salah satunya adalah gigi dan mulut.

Merawat gigi dan mulut perlu dilakukan agar tetap terjaga kesehatan dan kebersihannya. Sejumlah hal di bawah ini bisa menjadi rekomendasi menjaga kesehatan mulut dilansir dari berbagai sumber.

  1. Sikat gigi Anda dengan benar. Jangan sembarangan menggosok gigi karena dapat melukai gusi. Sikat gigi minimal dua kali sehari, yakni pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur. Perlu diperhatikan juga saat memilih sikat gigi, di mana harus yang nyaman di mulut atau halus dan bersih.
  1. Selain itu, rutinlah mengganti sikat gigi miniml 3-4 bulan. Jangan tunggu sikat gigi mekar.
  2. Gunakan pasta gigi berfluorida sebab unsur alaminya ini merupakan suatu zat pertahanan utama terhadap kerusakan gigi dan membantu memerangi bakteri penyebab kerusakan gigi.
  3. Minum air putih termasuk cara terbaik menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mengonsumsi air mineral dengan jumlah cukup dapat membantu membersihkan plak pada gigi.
  4. Kurangi makanan manis dan asam karena akan menyebabkan gigi berlubang.
  5. Bagi sebagian besar laki-laki merokok merupakan sesuatu hal yang wajib karena mereka merasa dengan merokok bisa menenangkan pikiran. Padahal banyak bahaya menanti dari aktivitas merokok. Terutama bisa mengakibatkan gigi kuning, mulut hitam hingga kanker mulut.
  6. Sama halnya dengan air, makanan bergizi juga sangat membantu mengatasi permasalahan gigi dan mulut. Misalnya mengonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayuran hijau, susu, lemak, dan makanan laut. Sumber makanan ini dapat mengurangi risiko peradangan pada gusi. (C)
Baca:   Mana Lebih Baik Olahraga Pagi atau Sore Hari?

(Baca juga: Jangan Lagi Buang Air Cucian Beras, Manfaatnya Ternyata bisa Cegah Penuaan Dini)

Laporan: Sitti Apriyani
Editor: Sarini Ido

  • Bagikan