1.056 Warga Miskin Tidak Terdata Dinsos Buton Terima Bantuan

SULTRAKINI.COM: BUTON – Ketua TP-PKK Kabupaten Buton, Delia Montolalu La Bakry bersama rombongan memberikan bantuan secara simbolis kepada warga Buton terdampak Covid-19 namun belum terdata di dinas sosial.

Penyerahan bantuan kepada warga Buton, Sulawesi Tenggara terdampak Covid-19 namun belum terdata di Dinsos berlangsung pada Rabu, 13 Mei 2020. Warga ini tersebar di Kecamatan Siontapina, Lasalimu Selatan, dan Kecamatan Kecamatan Lasalimu.

Secara rinci sebanyak 208 paket sembako dari total 1.056 paket dibagikan kepada warga Buton. Untuk Kecamatan Siotapina tepatnya Desa Sumber Sari 62 paket, Kecamatan Lasalimu Selatan di Desa Wajah Jaya 136 paket, Kecamatan Lasalimu di Desa Wasuamba sepuluh paket.

“Selebihnya akan dibagi pada hari berikutnya,” ucap Delia.

Kepala Dinas Sosial Buton, Asnawi Jamaluddin, mengatakan pembagian sembako tersebut merupakan pembagian sembako tahap pertama. Sambil menunggu data penerima bantuan rampung pihaknya akan terus menyalurkan bansos kepada warga di desa dan kelurahan yang memberikan data penerima bantuan.

“Masih ada beberapa warga KK miskin yang belum terdata sehingga kita terus menyasar seluruh warga yang tepat sasaran. Data penerima bantuan sembako seharga Rp 200 ribu ini terus dimatangkan,” jelas Asnawi.

Ditambahkan Bupati Buton, La Bakry, bantuan bansos yang diberikan bersumber dari anggaran Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat (P2WKSS), yang digeser ke Dokumen Pelaksanaan Anggran (DPA) Dinas Sosial. Disalurkan ke 1.056 warga di tujuh kecamatan di Kabupaten Buton.

Dalam satu paket berisi 10 kilogram beras, 2 liter minyak kelapa, 2 kilogram gula pasir, dan 1 kilogram beras fortivit.

Bantuan akan dibagikan selama tiga hari di tujuh kecamatan di Kabupaten Buton. Jadi akan menyusul Kecamatan Wolowa, Pasarwajo, Wabula, dan Kapontori.

“Bantuan ini untuk 1.056 warga yang belum dapat bantuan sama sekali terutama di desa-desa. Ini bantuan susulan, mereka ini seharusnya dapat, tetapi tidak terdata,” terangnya.

La Bakry berharap sebelum lebaran, semua warga terdampak Covid-19 mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah.

Penyerahan bantuan secara simbolis tersebut turut disaksikan Ketua Covid-19 Kabupaten Buton, Bupati Buton La Bakry, Kepala Dinsos Buton Asnawi Jamaluddin, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Buton Ilham Habo Nibu, Kasatpol PP Buton, Juriaddin, dan camat masing-masing wilayah.

Laporan: Aisyah Welina
Editor: Sarini Ido

beras pokea

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.