Iklan Clarion
Festival Pesona Budaya Tua Buton

10.798 KTP-el Warga Kendari akan Diterima Melalui Lurah

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Sebanyak 10.798 keping kartu tanda penduduk elektonik diserahkan kepada sebelas camat di Kota Kendari, Senin (8/4/2019). Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Kendari menerangkan, masyarakat yang selama ini masuk daftar antrian akan mendapatkan kartunya di wilayah masing-masing.

Kepala Disdukcapil Kota Kendari, Halili, menjelaskan KTP-el diberikan kepada camat untuk diteruskan ke lurah hingga ke tangan masyarakat.

“Kami serahkan ini, pertama perekaman baru sekitar 798 orang yang dicetakan. Sedangkan 10.000 itu adalah penggantian-penggantian, seperti status, alamat, KTP rusak atau hilang yang selama ini masih pegang surat keterangan (suket) pengganti. Sekarang kami selesaikan semuanya,” terang Halili di Kantor Wali Kota Kendari.

Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar membagikan KTP-el kepada sebelas camat, Senin (8/4/2019). (Foto: Humas Pemkot Kendari)
Sekretaris Daerah Kota Kendari, Nahwa Umar membagikan KTP-el kepada sebelas camat, Senin (8/4/2019). (Foto: Humas Pemkot Kendari)

Halili mengaku, percepatan pencetakan dan penyerahan KTP-el ada hubungannya dengan pemilu April nanti. Pasalnya, KTP arus dibawa ke tempat pemungutan suara saat pencoblosan.

“Ada kaitannya dengan pemilu, kita buru waktu. Artinya, masyarakat jangan menyalahkan kami jika tidak bisa memilih. Sekalipun pengunaan KTP-el ini bukan hanya pemilu saja. Kebetulan blangko KTP-el dan tinta ada, ya kita cetakan semuanya,” jelasnya.

(Baca: Disdukcapil Kendari Setop Produksi Suket Jelang Pemilu 2019)

Hingga kini, Disdukcapil Kota Kendari masih melayani perekaman KTP-el. Bahkan dibuka juga hari Sabtu dan Minggu.

“Untuk pengambilan suket sudah ditutup karena blangko masih terpenuhi,” tambahnya.

Dia mengimbau, masyarakat yang ingin membuat KTP-el atau mengubah data, cukup membawa kartu keluarga. Disdukcapil akan mencetakkan hanya menunggu sejam lamanya. (Adv)

(Baca juga: Disdukcapil Kendari Lakukan Perekaman KTP-el Keliling di Sekolah-sekolah)

(Baca juga: Napi di Rutan II A Kendari Terima KTP-el)

Laporan: Hasrul Tamrin
Editor: Sarini Ido

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.