SULTRAKINI.COM:KONAWE UTARA - Sebanyak 10 orang penyandang disabilitas asal Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra), akan berangkat ke Bogor guna mengikuti pelatihan disabilitas di Balai Pelatihan Penyandang Disabilitas di Cipinong Bogor Jawa Barat.

10 Penyandang Disabilitas Asal Konut Dikirim ke Bogor
Salah satu penyandang disabilitas di Konut. (Foto: Arifin Lapotende/SULTRAKINI.COM)

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Konawe Utara, Untung mengatakan kesepuluh penyandang disabilitas tersebut, akan mengikuti pelatihan untuk mengembangkan bakat dan keahlian yang mereka miliki,

"Mereka akan mengikuti pelatihan selama enam bulan, setelah itu kami akan sharing dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan lapangan pekarjaan di Konawe Utara," ujar Untung pada SULTRAKINI.COM, Minggu (26/11/2017).

Dikatakannya, sepuluh orang itu memiliki cacat yang berbeda-beda. Ada yang tidak memiliki kaki, dan ada juga yang tidak memiliki tangan. Mereka memiliki bakat dan keahlian masing-masing, mulai dari pintar menjahit, mekanik dan masih banyak lagi.

"Keahlian dan bakat inilah, yang akan diasah dipelatihan tersebut, agar terarah dan memiliki nilai jual atau karya yang bisa menghasilkan uang untuk membiayai kehidupan mereka," bebernya.

Ditambahkannya, dari sekitar 400 data penyandang disabilitas di Konut, untuk tahun ini pihaknya hanya mengirim 10 orang. Hal tersebut dikarenakan persyaratan untuk mengikuti pelatihan minimal umur 15 tahun dan maksimal 35 tahun, selain itu masih terkendala dibiaya.


Laporan: Arifin Lapotende

IKLAN KPU IKLAN LION

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations