10 Ribu Ekor Ayam Petelur Dikembangkan di Konsel

  • Bagikan
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Muhamad Nasir. (Foto: Hasrul Tamrin/SULTRAKINI.COM)

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Provinsi Sulawesi Tenggara, mendapat bantuan hibah populasi ternak ayam lokal petelur dari Sembawa, Sumatera sebanyak 10 ribu ekor yang dilokasikan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di 2017.

Jumlah ini 4 ribu ekor ayam telah didistribusikan di tiga kecamatan, misalnya Buke pada tanggal 12, 15, dan 16 Agustus 2017. Sedangkan sisanya, didistribusi di Kecamatan Tinanggea, Palangga dan UPTD pada September mendatang.

Untuk sementara waktu, jumlah ini dikhususkan wilayah Konsel. Namun akan ada rencana penambahan dengan jumlah yang sama guna didistribusikan ke kabupaten lainnya. Rencana itu juga mendapatkan respon positif dari pihak kementerian.

“Kita akan olah semaksimal mungkin bisa dijadikan percontohan, seperti pengeloaan sapi di Wawolemo, sapi di sana itu berkembang dengan baik, semoga ini bisa juga kita kembangkan,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Sultra, Muhamad Nasir, Senin (28/8/2017).

Kebutuhan telur di Sultra khususnya Kota Kendari sampai saat ini, masih tergantung dengan stok dari wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel). Sebab tingkat produksi telur di Sultra masih terbilang rendah, ini disebabkan tingginya harga pakan ternak sehingga para petani masih kurang berminat untuk budidayakan ayam petelur.

Laporan: Hasrul Tamrin

  • Bagikan