SULTRAKINI.COM:KENDARI - Pengelolaan laporan keuangan Provinsi Sulawesi Tenggara dan 11 kabupaten/kota berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

11 Kabupaten Kota di Sultra Raih Opini WTP
Beberapa kepala daerah yang berhasil meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas pengelolaan laporan keuangan (Foto : Hasrul Tamrin/SULTRAKINI. COM)

Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Keuangan melalui perwakilan Ditjen Perbendaharaan Kantor Wilayah (Kanwil) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), yang diumumkan melalui rapat koordinasi evaluasi dan pengendalian pembangunan antara provinsi dan kabupetan/kota se-Sulawesi Tenggara triwulan III tahun 2017, Selasa (14/11/2017).

Kabupaten/kota yang berhasil mendapatkan predikat WPT yaitu Kabupaten Muna, Muna Barat, Kolaka, Kolaka Utara, Bombana , Buton , Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Kota Baubau dan Kota Kendari serta Kabupaten Wakatobi.

Plt. Gubernur, Saleh Lasata, mengungkapkan penghargaan tersebut  merupakan suatu kehormatan bagi daerah bersangkutan termasuk Pemprov  Sultra. Hal tersebut menunjukkan bahwa upaya untuk menertibkan tata kelolah anggaran sudah dicapai.

"Untuk provinsi, alhamdulilah ini sudah empat tahun berturut-turut. Walaupun dijanjikan akan ada insentif seperti yang lalu kitakan tahun ketiga dapat insentif, tapi tahun ini kita belum tau. Kayanya tahun ini kecil insentifnya," ungkap Wakil Gubernur Sultra dua periode itu usai rapat koordinasi disalah satu hotel di kendari.

Dirinya mengimbau kepada seluruh kepala daerah yang belum berkesempatan mendapatkan kesempatan meraih penghargaan WTP tersebut, agar bisa melihat dan belajar pada daerah-daerah yang sudah berprestasi bagaimana mengelolah barang dan anggaran.

"Pada umumnya WTP itu tergantung dari pengelolaan aset yang bermasalah. Apalagi daerah - daerah pemekaran itu karena dengan induknya biasanya belum selesai ," tandasnya.


Laporan : Hasrul Tamrin

Tanggapan Anda?

Facebook Conversations