Kapolda Cup Bangkitkan Semangat Olahraga dan Cinta Kedamaian di Gunung Jati

SULTRAKINI.COM: KENDARI – Kompetisi Futsal Kapolda Cup I U -12 di Kelurahan Gunung Jati, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, sukses diselenggarakan yang ditandai dengan penyerahan hadiah kepada para jawara, Rabu (19/2/2020). Kejuaraan ini berjalan lancar dan damai sejak dibuka pada 10 Februari 2020.

Lurah Gunung Jati, Alimuddin, mengaku sangat mengapresiasi kegiatan tersebut bisa berjalan lancar dan damai. Harapannya, kegiatan ini bisa menjadi wadah bagi anak-anak remaja untuk mengasah bakat dan kemampuannya di olahraga futsal sehingga bisa menjadi bibit-bibit unggul kedepannya.

Apalagi menurutnya, saat ini pengaruh alkohol dan narkoba sudah mulai merasuki di kalangan remaja khususnya di wilayahnya, sehingga dengan adanya kegiatan seperti ini meskipun sudah usai tapi kedepannya bisa dilakukan setiap hari sebagai olahraga rutin apalagi fasilitas lapangan sudah tersedia.

Sebelumnya bisa dikata lapangan yang ada hampir tidak difungsikan lagi. Dengan begitu bisa menjadi penangkal pengaruh narkoba dan pergaulan bebas di kalangan anak remaja.

“Kita sebagai pemerintah dikalangan bawah tentu sangat menssuport, ini juga merupakan bagian dari upaya pencegahan dini bagi anak remaja terhadap bahaya narkoba dan pergaulan bebas dengan mengasah bakat serta kemampuan mereka,” ungkap Alimuddin ditemui usai menyerahkan hadiah.

Ia melanjutkan, kegiatan seperti ini diharapkan bisa berkelanjutan. Bahkan kedepannya pihaknya juga menargetkan untuk terus menggelar kegiatan-kegiatan serupa yang dapat melibatkan partisipasi masyarakat didalamnya untuk meningkatkan solidaritas dan mempererat tali silaturrahmi.

Ketua Panitia Kapolda Cup I, Jusmin, mengatakan kejuaraan futsal dikalangan remaja ini, menunjukkan sebagai momet bangkitnya kembali semangat olahraga khususnya di Kelurahan Gunung Jati yang sudah fakum bertahun-tahun sejak kelurahan ini masuk sebagai wilayah “zona merah”.

Fortune

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa berjalan lancar dan damai, ini menunjukkan bahwa warga atau masyarakat disini (Kelurahan Gunung Jati) sudah mulai semangat lagi untuk melakukan kegiatan serupa, mudah-mudahan ajang seperti ini menjadi wadah silaturahmi khususnya dikalangan remaja bisa terus berkelanjutan dan memupuk persaudaraan,” ucapnya.

Jusmin yang akrab disapa Cuming, juga mengaku bahwa dari banyaknya tim yang mendaftarkan diri pada kegiatan Kapolda Cup ini yakni sebanyak 16 tim di wilayah Kelurahan Gunung Jati dan sekitarnya, menunjukkan antusiasme warga dalam menyambut kegiatan ini sangat positif.

“Mudah-mudahan ini menjadi awal bahwa kedepannya kegiatan – kegiatan seperti ini bisa terus berlangsung damai, karena tidak menutup kemungkinan ada lagi Kapolda Cup untuk usia U-15 maupun walikota cup, atau lainnya,” katanya.

Dia mengaku sangat berterima kasih kepada Kapolda Sultra beserta jajarannya sudah memberikan kepercayaan untuk menyelenggarakan kompetisi ini di kelurahan gunung jati. Menurutnya sebagai tokoh pemuda, sejak adanya Kapolda saat ini di Kelurahan Gunung Jati ketertiban dan keamanan khususnya di lingkungan wilayah gunung jati berjalan aman dan damai.

“Selama beberapa tahun terakhir tidak ada kegiatan seperti ini, tapi sejak adanya Kapolda baru ini sudah ada lagi kegiatan disini, alhamdulillah aman dan damai,” bebernya.

Dari total 16 tim yang mengikuti lomba, terdapat empat tim yang meraih juara, yakni juara 1 oleh PSP 7, juara kedua dari Mabolu FC, juara ketiga dari Jalur Gaza, serta juara keempat dari Phyton Jr, semuanya merupakan anak-anak remaja dilingkup kelurahan gunung jati.

Pada acara penutupan Kapolda Cup I juga turut dihadiri oleh Babinkamtibmas Polsek Kendari Kelurahan Gunung Jati Bripka Muhamad Sunandar, dan Babinsa Kodim 1417/Kendari.

Laporan : Hasrul Tamrin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.